Manusia Pindah ke Luar Angkasa Kayaknya Bisa Jadi Nyata! NASA Menemukan 7 Planet Baru Mirip Bumi

By Ifnur Hikmah, Kamis, 23 Februari 2017 | 04:04 WIB
foto: cnn.com (Ifnur Hikmah)

NASA baru saja mengumumkan penemuan terbaru mereka yang cukup mengejutkan, nih. Soalnya mereka menemukan planet yang mirip dengan bumi. Bukan cuma satu, tapi tujuh planet sekaligus. Dikutip dari Time.com, selama bertahun-tahun, penelitian soal luar angkasa memang banyak banget, dan dikonfirmasi ada sekitar 4.700 planet yang sejauh ini ditemukan oleh para astronomer. Nah, NASA dibeirtakan telah menemukan tujuh planet baru. Kalau begini, kisah manusia pindah ke luar angkasa kayaknya bisa jadi nyata. Soanya NASA menemukan 7 planet baru yang mirip bumi.

Lihat di sini foto dari NASA yang menunjukkan tempat di bumi yang mengalami perubahan drastis.

Dari penelitian yang pernah dilakukan NASA, salah satu yang paling mengejutkan adalah ditemukannya sebuah bintang yang dikelilingi oleh tujuh planet. Tujuh planet baru ini mirip banget dengan bumi, tapi berukuran lebih kecil dan berbatu-batu yang berjarak sekitar 39 tahun cahaya dari bumi. Planet-planet ini memiliki orbit yang mengililingi matahari mereka, enggak terlalu dekat tapi juga enggak terlalu jauh, sehingga memungkinkan adanya air di sana.

Penemuan ini dipublikasikan untuk pertama kalinya di Nature.com. Ternyata, butuh waktu lama untuk bisa sampai pada kesimpulan ini. Penemuan ini sendiri sudah dilakukan sejak enam tahun lalu, yang awalnya adalah penelitian terhadap bintang kecil yang diberi nama Trappist-1.

Penelitian ini dikepalai oleh Michaël Gillon dari University of Liège di Belgia. Sebenarnya, mereka sudah menemukan tanda-tanda keberadaan tiga planet di awal tahun 2016 kemarin. Dengan melakukan penelitian menggunakan teleskop yang ditempatkan di Maroko, Hawaii, Afrika Selatan, Spanyol, Loiverpool dan teleskop NASA sendiri, akhirnya ditemukan empat planet lainnya. Dari penemuan ini, secara teori, planet tersebut bisa menjadi tempat tinggal makhluk hidup.

Mengenai penemuan ini, Michaël Gillon menjelaskan, “planet tersebut membentuk sistem yang padat. Mereka sangat dekat dengan bintang dan mengingatkan pada sistem bulan yang ada di orbit Jupiter. Jadi, mungkin saja ada air dan kehidupan di sana.”

Tata surya memang luas banget dan menarik untuk dipelajari. Pasti bakalan seru banget, nih, kalau ada planet lain di luar angkasa sana yang mirip dengan bumi dan memungkinkan adanya kehidupan.