4 Cara Mudah Mengenali Kosmetik Palsu

By Astri Soeparyono, Selasa, 27 Maret 2018 | 11:45 WIB
Harus extra hati-hati ya girls saat belanja kosmetik baru! (Astri Soeparyono)

Maraknya peredaran kosmetik palsu yang berada di pasaran membuat kita harus extra hati-hati sekarang, karena dampak dari penggunaan kosmetik palsu yang dapat membahayakan kulit kita. Apalagi kalau sampai menimbulkan berbagai macam penyakit, wah seram!

Biasanya kosmetik palsu yang beredar di pasaran adalah kosmetik yang mempunyai nama yang cukup besar dan memiliki harga yang lumayan mahal. Contohnya adalah Kylie Lipkit, harga aslinya apabila beredar di Indonesia ialah sekitar Rp700.000, lumayan merogoh kocek kan?

Namun ternyata di pasaran banyak juga yang menawarkan Kylie Lipkit tadi dengan perbandingan yang lumayan jauh. Yakni sekitar Rp50.000! Ini patut dicurigai ya girls, sebab apabila harga asli yang dipatok terlalu jauh dengan harga yang kita temukan langsung dipasaran, kemungkinan besar kosmetik itu palsu.

Enggak cuma harganya saja yang mecurigakan, seringkali kosmetik palsu juga memiliki label produk yang berbeda dengan produk aslinya. Misalnya kita membeli lipstick dengan seri A, namun label yang tertempel di kemasannya sendiri tertulis dengan lipstick seri B.

Hal-hal kecil seperti ini harus kita perhatikan. Sebab, bila kita membeli kosmetik di gerainya langsung dapat dipastikan kesalahan semacam ini kemungkinan sangat kecil terjadi.

Sebelum membeli suatu produk pastikan kita sudah melakukan riset kecil-kecilan dulu ya. Seperti produk-produk apa yang kita incar dari sebuah brand tertentu. Aku sendiri sering menemukan kalau kosmetik palsu memproduksi produk yang sebenarnya tidak dijual secara resmi oleh brand-nya.

Ini dia salah satu hal yang paling penting dan dapat dijadikan patokan utama selain 3 ciri-ciri di atas. Melalui packaging biasanya akan langsung nampak perbedaan antara barang yang asli dengan yang palsu. Karena untuk beberapa produk palsu yang beredar di pasaran memiliki ciri-ciri yang sangat berbeda dengan produk aslinya.

Kita harus benar-benar jeli untuk membedakan produk ini palsu atau tidak, biasanya kemasan yang digunakan oleh kosmetik palsu lebih rapuh bila dibandingkan dengan produk asli. Serta segel yang terdapat pada kosmetik asli biasanya tidak dijumpai di kosmetik palsu.