Menyakitkan Itu… Ketika Udah Dekat Sama Cowok, Eh Malah Putus Sebelum Jadian. Hiks!

By Ifnur Hikmah, Kamis, 20 Juli 2017 | 22:33 WIB
foto: soompi.com (Ifnur Hikmah)

Hubungan cinta memang enggak bisa diprediksi akan berakhir gimana. Bisa saja kita dan gebetan yang sudah lama dekat tapi malah enggak jadian. Atau sebaliknya. Baru kenal, langsung merasa cocok, dan jadian, deh. Karena itu, enggak heran kalau banyak yang menganggap cinta itu misterius banget, karena enggak ada yang bisa menebaknya. Termasuk kita, yang merasakan cinta itu sendiri.

Salah satu misteri cinta adalah putus sebelum jadian. Ini menyakitkan banget. Jauh lebih menyakitkan ketimbang putus cinta. Setidaknya, ketika putus cinta, kita sudah pernah pacaran dan merasakan perhatian yang diberikan si pacar. Sementara putus sebelum jadian kita enggak pernah merasakan perhatian sebagai pacar dan enggak ada kepastian soal status hubungan kita. Menyesakkan banget, kan?

Putus sebelum jadian memang seringkali dianggap sebagai PDKT yang gagal. Namun, kalau diperhatikan lebih jauh, putus sebelum jadian lebih dari itu. Ada beberapa kemungkinan kenapa kita bisa putus sebelum jadian.

Kita sudah dekat lama. Pokoknya sudah saling kenal banget, deh. Dia sering ikut kegiatan kita, begitu juga sebaliknya. Kita sudah kenal sama teman-temannya, dan dia juga kenal sama teman-teman kita. Di mata orang lain, kita dan dia seperti orang pacaran. Secara sekilas, kita dan dia memang terlihat seperti orang pacaran. Namun kenyataannya, kita dan dia belum jadian karena memang belum ada proses nembak atau ada kepastian soal kejelasan hubungan ini. Kasarnya, sih, selama ini kita menjalani hubungan tanpa status alias teman rasa pacar.

Ketika menjalani hubungan seperti ini, yang kita butuhkan adalah kejelasan. Namun sepertinya dia enggak menunjukkan tanda-tanda pengin membawa hubungan ini ke tingkat lebih dari teman. Sehingga kita dihadapkan pada dua pilihan, tetap menunggu tanpa ada kepastian sampai kapan kita akan menunggu, atau berpaling karena capek menunggu. Akhirnya kita sampai pada keputusan kalau hubungan ini enggak akan berlanjut. Kita enggak akan pernah jadian sama dia sehingga kita putuskan untuk menjauh dan mengakhiri hubungan ini. Kejadian seperti ini juga termasuk ke dalam putus sebelum jadian, nih.

“Aku pernah ngalamin yang kayak gini. Kita dekat udah lama tapi dia enggak nembak-nembak. Trus aku deket sama cowok lain. Enggak senyaman sama dia, sih, tapi dia lebih berani ngasih kejelasan. Aku akhirnya jadian sama cowok satu lagi itu. Pas aku udah jadian, dia baru jujur. Aku patah hati, sih, tapi ya gimana. Mau sampai kapan nunggu?” (Maggie, 20 tahun, Jakarta).

Masih ada skenario lain yang mungkin terjadi. Buka halaman berikutnya untuk melihat lebih lanjut.