Selain Hot Water Challenge, Ini 9 Challenge Paling Bahaya yang Pernah Viral di Internet

By Intan Aprilia, Selasa, 15 Agustus 2017 | 04:57 WIB
Selain Blue Whale Challenge, Ini 9 Challenge Paling Bahaya yang Pernah Viral di Internet (Intan Aprilia)

Media sosial selalu punya tantangan baru yang jadi viral dan diikuti banyak remaja. Mereka biasanya mengikuti berbagai challenge ini karena lagi tren atau mencari perhatian, yang sebenarnya wajar karena sifat dasar manusia butuh perhatian.

Saat ini ada Hot Water Challenge, yaitu tantangan untuk menyiramkan air mendidih ke teman atau diri sendiri secara diam-diam. CHallenge ini sudah banyak memakan korban karena berbahaya banget.

Sebelumnya, juga sempat heboh Blue Whale Challeng yang sangat membahayakan karena berujung pada mengajak bunuh diri. Awalnya game ini heboh di medsos Rusia Rusia VKontakte sekitar pertengahan tahun 2016 kemarin.

Enggak berhenti sampai di Rusia, game ini juga merambah ke negara-negara lainnya, kayak Ukraina, Spanyol, Portugal, Perancis, Inggris, dan terakhir katanya sudah ada anak Indonesia yang diduga mengikuti permainan ini.

Tantangan ini mengharuskan para pemainnya untuk mengikuti 50 days-challenge yang udah disiapkan oleh si kurator. Jadi, siapa aja yang berminat buat main, akan memberi informasi kepada si kurator lewat medsos mereka menggunakan hashtag tertentu.

Lalu nantinya si kurator akan mengirimkan pesan ‘undangan’ pada mereka untuk memulai tantangan ini selama 50 hari dan sebelum mulai, mereka akan bilang: “Ingat lho, kamu enggak bisa berhenti setelah memulai permainan ini.” Kalau si pemain menyanggupinya, maka tantangan harian akan diberikan dan si pemain diharuskan menunjukkan bukti berupa foto kalau mereka sudah melakukan hal itu. Begitulah sampai di hari ke 50, mereka disuruh untuk menghabisi nyawanya sendiri dengan cara lompat dari gedung/bangunan tinggi.

Selain Blue Whale Challenge dan Hot Water Challenge, ini 9 challenge paling bahaya yang pernah viral di Internet

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy juga sudah mengimbau agar para remaja enggak ikut tantangan ini.

"Kalau saya melihat video yang beredar di media sosial, menurut saya (skip challenge) termasuk jenis permainan yang membahayakan kesehatan bahkan jiwa," ujar Muhadjir, seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Jangan Ditiru! Ini 3 Fakta Berbahaya Tentang #SkipChallenge yang Harus Kita Tahu

Baca juga: Enggak Nyangka! Ini Misteri di Balik Lagu Nina Bobo yang Bikin Merinding

Baca juga: Nyata! 7 Insiden Mengerikan Ini Terjadi Saat Proses Syuting Film Horor Hollywood

Baca juga: 8 Cerita Penculikan Paling Seram Ini Dijamin Bikin Merinding Sampai Enggak Bisa Tidur