5 Alasan Drama Korea Strong Woman Do Bong Soon Bikin Kita Belajar Soal Kesetaraan Gender

By Ifnur Hikmah, Minggu, 11 Februari 2018 | 04:45 WIB
foto: dramafever.com (Ifnur Hikmah)

Strong Woman Do Bong Soon Jadi salah satu drama Korea paling seru yang lagi rame diomongin, nih. Ceritanya memang unik dan beda dengan cerita lain yang sudah ada. Yaitu soal cewek yang sekilas terlihat biasa-biasa saja tapi ternyata punya kekuatan super.

Drama ini pun memecahkan rekor sebagai drama dengan rating tertinggi di stasiun TV JTBC. Enggak cuma menghibur, kita juga mendapat banyak info baru dari drama ini, salah satunya soal kesetaraan gender.

Berikut 5 alasan drama Korea Strong Woman Do Bong Soon bikin kita belajar soal kesetaraan gender.

Lihat di sini sifat cewek keren dari Strong Woman Do Bong Soon yang bisa kita contek.

Kalau biasanya cowok yang melindungi cewek, maka hal itu berbalik di drama ini. Soalnya, Do Bong Sun yang menjadi bodyguard buat Ahn Min Hyuk, seorang CEO perusahaan game.

Hal ini menjadi bukti kalau cewek enggak selamanya harus dilindungi. Cewek juga bisa kok melindungi cowok. Contohnya Do Bong Soon, yang dengan kekuatannya, memastikan agar Ahn Min Hyuk selalu selamat.

Di Korea sendiri ada stereotype kalau cewek itu harus cute dan feminin. Namun Do Bong Soon malah sebaliknya, yaitu memiliki kekuatan super yang bisa digunakan untuk menolong banyak orang.

Di sinilah terletak kebimbangan Do Bong Soon, antara menjadi diri sendiri dan memanfaatkan kekuatannya atau takluk kepada stereotype yang diberikan masyakat kepadanya.

Pada akhirnya, Do Bong Soon memilih untuk menjadi dirinya sendiri tapi kalau dilihat dia tetap cute, kok. Dan inilah keunikan Do Bong Soon yang membuat dia terlihat makin keren.

Dari posternya sendiri, hal ini juga diperlihatkan dengan jelas. Misalnya di poster Park Bo Young yang berperan sebagai Do Bong Soon, tertulis ‘What’s womanly?’ dan di poster Park Hyung Shik yang berperan sebagai Ahn Min Hyuk tertulis ‘What’s manly?’