Fakta yang Bikin Kita Enggak Mau Lagi Tidur dengan Rambut Basah

By Lana Syahbani, Kamis, 16 Maret 2017 | 15:54 WIB
foto: byrdie uk (Lana Syahbani)

Biar pagi-pagi enggak perlu ribet mengeringkan rambut sebelum ke sekolah, keramas di malam hari jadi salah satu alternatif. Nah, ketika selesai keramas, jangan lupa buat menunggu sampai rambut benar-benar kering sebelum tidur. Kadang kita terlalu mengantuk dan tidur dengan rambut basah. Padahal, kebiasaan ini enggak baik dilakukan, lho. Biar tahu lebih lanjut, coba cek fakta yang bikin kita enggak mau lagi tidur dengan rambut basah di artikel ini. Yuk!

 

Baca juga: Aturan Keramas Untuk 3 Jenis Rambut yang Perlu Kita Tahu Agar Selalu Sehat & Indah

 

Menurut hairstylist John Ruggiero, tidur dengan rambut basah bisa membuat rambut kita susah diatur di pagi harinya. Rambut kita bakal kering dengan bentuk yang enggak karuan, bahkan jadi lebih kusut dari biasanya. Niatan enggak ribet di pagi hari, eh malah bikin kita repot harus mengurus rambut yang bentuknya jadi aneh.

 

Tidur dengan rambut basah memang enggak akan merusak rambut kalau enggak sering dilakukan. Tapi, hal ini bisa menyebabkan kerusakan rambut kalau jadi kebiasaan. Hairstylist Olga Gilbert bilang, hal ini berkaitan sama keadaan rambut yang rentan ketika masih basah. Kalau kita mengikat rambut basah kita menjadi kucir kuda atau cepolan sepanjang malam, hal ini bisa menambah resiko rusaknya rambut.

 

Baca juga: 5 Alasan Kita Harus Meminta Potong Rambut Tanpa Keramas Dulu

 

Kalau terpaksa banget harus tidur dengan rambut basah karena suatu alasan, kita masih bisa mengakalinya biar enggak terlalu merusak rambut. Ganti sarung bantal katun kita dengan bahan sutra atau satin. Karena bahan kedua kain ini lembut, rambut basah kita enggak akan terkena gesekan yang terlalu keras.

 

Menunggu rambut kering sebelum tidur malah bikin mengantuk dan kita jadi tidur dengan rambut basah. Daripada ujung-ujungnya begini, lebih baik kita mengeringkan rambut terlebih dulu dengan hairdryer. Kalaupun enggak mau ribet keramas, kita bisa mengikat atau mengepang rambut biar di pagi hari bentuknya enggak susah diatur.

 

Sumber: byrdie uk, reader’s digest