3 Tanda Kalau Kita Selama Ini Salah Pakai Sport Bra

By Averina Lita, Selasa, 21 Maret 2017 | 10:57 WIB
3 Tanda Kalau Kita Selama Ini Salah Pakai Sport Bra. Foto: gotceleb.com (Averina Lita)

Buat kita yang suka olahraga atau yang minimal ada pelajaran olahraga di sekolah, penting buat menggunakan sport bra yang bisa menopang payudara kita selama olahraga.

Hal pertama yang harus kita ketahui adalah jenis olahraga yang akan kita lakukan. Setelah tahu olahraga yang kita lakukan termasuk kategori yang mana, baru deh kita bisa tahu jenis sport bra mana yang cocok kita pakai. Ada tiga jenis sport bra: compression, encapsulation, dan gabungan keduanya. Informasi lebih rinci mengenail jenis olahraga dan jenis sport bra yang cocok, bisa kita baca di sini 

Tahu jenis olahraga… udah. Jenis sport bra juga udah. Tapi kok kita masih merasa enggak nyaman dengan payudara kita saat olahraga ya? Rasa enggak nyaman ini bisa jadi karena pilihan sport bra yang enggak tepat. Berikut 3 tanda kalau kita selama ini salah pakai sport bra.

Baca juga:

Bisa bernapas dengan baik adalah hal yang penting banget buat kita. Di saat olahraga, napas kita sering jadi enggak teratur, makanya butuh sport bra yang bisa bikin kita bernapas lega. Kalau sport bra kita terlalu ketat, hal ini bisa berpengaruh ke pernapasan kita.

Cara buat tahu sport bra kita terlalu ketat atau enggak adalah kalau sport bra masih bisa bergerak di sekitar lingkar dada kita. Selain itu, sport bra harus bisa menopang payudara sekaligus nyaman digunakan dan bikin kita bisa bergerak bebas. Kalau merasa sport bra kendor selama lari atau olahraga padahal ukurannya udah pas, kita bisa menggunakan kaitan yang lebih dalam.

Selain enggak nyaman, payudara kita yang bergoyang selama olahraga bisa merusak jaringan payudara dan menyebabkan kelelahan otot. Cup harusnya bisa mencegah gerakan payudara selama kita melakukan olahraga.

Emang sih, kita enggak mungkin bisa menghindari payudara yang bergoyang saat tubuh kita bergoyang, tapi kita perlu meminimalisasi goyangan sebisa mungkin. Makanya saat mencoba sport bra, kita bisa melakukan gerakan melompat dan berlari. Kalau payudara bergoyang, kita bisa coba sport bra lain yang punya tali lebih lebar, kaitan ekstra, atau kawat yang lebih lentur (versi lebih nyaman dibanding kawat yang kaku).

Baca juga:

Kalau bagian payudara kita keluar dari sport bra di bagian atas, samping, atau bawah, artinya sport bra kita ukurannya enggak sesuai, girls. Belahan dada yang masih terlihat menunjukkan kalau payudara kita enggak benar-benar tertopang sempurna. Solusinya gampang banget. Kita bisa pilih sport bra dengan ukuran cup yang lebih besar atau memilih model cup penuh (compression & encapsulation sport bra) supaya seluruh bagian payudara kita bisa tertutup.