5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan yang Wajib Kita Tahu!

By Candy Chandra, Sabtu, 14 Oktober 2017 | 01:45 WIB
(foto: dok. panduanhidupsehat.com) (Candy Chandra)

Selain digunakan untuk memasak, ternyata juga bermanfaat baik untuk . Tentu bukan jenis yang sama yang digunakan untuk memasak. Tapi minyak kelapa yang masih murni dan belum diolah. Minyak kelapa kaya akan yang membuat kulit wajah jadi lebih sehat. Yuk kita lihat untuk kecantikan yang wajib kita tahu!

(Baca juga: 4 Manfaat Baik Cuka Apel untuk Kecantikan)

Minyak kelapa bisa kita gunakan sebagai body lotion. Gunakan setelah mandi atau sebelum tidur. Meskipun saat dipakai akan sangat berminyak, tetapi minyak kelapa menjadi moisturizer alami yang sangat baik untuk melembabkan kulit, terutama kulit kering.

Rambut harus memiliki minyak alami untuk membuatnya sehat dan mencegah kerontokan berlebih. Gunakan minyak kelapa sebagai masker rambut untuk mempertahankan minyak alami rambut. Caranya oleskan ke kulit kepala kita secara menyeluruh, dan gunakan shower cap selama 1 jam. Setelah itu keramas dengan air hangat. Gunakan seminggu dua kali untuk hasil yang optimal.

(Baca juga: Tips Mudah Buat Menghilangkan Mata Panda)

Minyak kelapa alami mengandung dua elemen penting untuk menghilangkan jerawat. Lauric acid dan capric acid, kedua bahan ini secara natural berperan sebagai anti bakteri, anti jamur, sehingga bisa menyembuhkan jerawat. Selain itu juga berfungsi sebagai pelembab dan menjaga kulit tetap terhidrasi. Gunakan saat mencuci muka atau saat kita ingin menghapus makeup.

Takut menggunakan deodoran karena bahan kimianya? Tenang girls, kita bisa menggunakan minyak kelapa sebagai gantinya. Minyak kelapa memiliki sifat anti bakteri alami yang dapat mencegah hal-hal seperti bau badan. Kita bisa membuat deodoran alami dengan mencampur minyak kelapa, baking soda, dan essential oil lainnya (sesuai selera).

Minyak kelapa adalah kandungan terbaik yang dibutuhkan bibir kita. Berfungsi melembabkan, dan menghaluskan bibir yang pecah-pecah. Gunakan sebelum kita memakai lipstick sebagai lip balm, dan sebelum kita tidur untuk me-moisture bibir kita semalaman.