5 Drama Korea yang Menunjukkan Kalau Ujian Sekolah Itu Bikin Stres. Kita Enggak Sendirian!

By Ifnur Hikmah, Sabtu, 3 Maret 2018 | 08:20 WIB
5 Drama Korea Ini Nunjukkin Stressnya Ujian Sekolah. Kita Enggak Sendirian! (Ifnur Hikmah)

Beratnya ujian sekolah itu memang terjadi, girls. Apalagi ngelihat soal-soal ujian yang banyak itu, huft, pengin nyerah aja deh! Tapi, jangan patah semangat dulu, girls. Soalnya enggak cuma kita yang merasa kalau ujian itu bikin stres. Di drama Korea, hal ini juga digambarkan, lho. Ini dia 5 drama korea yang menunjukkan kalau ujian sekolah itu bikin stres, kita enggak sendirian!

(Baca juga: Drama Korea tentang Kehidupan Kuliah)

Di episode-episode awal kita pasti ikut kasihan ngeliat Ji Eun-tak (Kim Go-Eun) yang susah payah belajar untuk melewati masa ujiannya. Soalnya enggak seperti anak-anak lain yang diberi semangat dan dukungan oleh orangtuanya, Eun-tak yang yatim piatu malah dikasih segudang pekerjaan rumah sama tante dan sepupu-sepupunya.

Saking stressnya, dia sampai pernah nangis lho, girls! Tapi hebatnya, Eun-tak enggak pernah nyerah. Dia terus memacu dirinya untuk bisa lulus dengan nilai yang memuaskan.

Siapa yang ngerasa mirip sama Oh Ha-ni (Jung So-min) pas ngadepin ujian sekolah? Ngeliat tingkah Ha-ni yang kebingungan dan sulit banget buat menghapal pelajaran pasti bikin kita inget sama pengalaman kita sendiri. Sifat Ha-ni yang plin plan dalam menentukan masa depan juga hampir sama kan sama pikiran kita yang masih suka terombang ambing? Enaknya, Ha-ni punya Baek Seung-jo (Kim Hyun-joong), cowok terpintar di sekolah, yang mau ngajarin dia, ya walaupun sambil marah-marah kalau Ha-ni enggak serius. Siapa sih yang enggak semangat diajarin sama cowok seganteng Seung-Jo

Ceritanya di sini yang bener-bener ngalamin susahnya mempersiapkan ujian sekolah adalah Lee Hyo-shin (Kang Ha-neul) nih. Jadi ceritanya seniornya Lee Min-ho ini udah pernah gagal di ujian sebelumnya. Sebenernya sih bukan karena dia bodoh, tapi karena minatnya di bidang broadcasting ditentang habis-habisan sama keluarganya yang pengin dia berkarier di bidang hukum. Akibatnya, dia jadi ogah-ogahan buat belajar karena tahu kalau dia lulus, dia bakal langsung disuruh lanjut ke sekolah hukum.

Di awal episodenya, Park Shin-hye yang memerankan tokoh Yoo Hye-jung mengalami gimana perjuangan sebagai anak baru di sekolah yang sekuat tenaga ngejar banyaknya materi pelajaran yang tertinggal. Pastinya enggak mudah, girls. Hye-jung terus-terusan membaca buku di sepanjang hari, bahkan pas sarapan pun matanya enggak lepas dari buku. Tapi usaha kerasnya itu membuahkan hasil. Dia bisa lulus dengan hasil yang gemilang.

Kalau drama yang satu ini memang secara khusus mengangkat tema tentang persiapan belajar bagi para calon PNS. Ternyata mirip sama di Indonesia, buat masuk PNS itu enggak gampang! Soalnya yang daftar setiap tahunnya itu ratusan. Jadi mau enggak mau kita harus terus mengasah kemampuan supaya enggak kalah sama pesaing lainnya. Mirip kan sama kisah kita waktu belajar di kelas? Demi lulus ujian, kita juga dituntut untuk terus meningkatkatkan pengetahuan kita di bidang akademik.

(Natal)