Terancam LDR Sama Pacar Ketika Lulus dari SMA Nanti. Lebih Baik Lanjut Atau Enggak, Ya?

By Debora Gracia, Senin, 10 April 2017 | 13:15 WIB
Terancam LDR Sama Pacar Ketika Lulus dari SMA Nanti. Lebih Baik Lanjut Atau Enggak, Ya? (Debora Gracia)

Kita dan pacar sudah terbiasa bareng-bareng ke mana pun. Berada dalam satu sekolah, satu komunitas, bahkan satu ekstrakulikuler. Ibaratnya, di mana ada pacar, pasti ada kita, dan rasanya seisi antero sekolah juga tahu kalau kita dan dia pacaran dan sudah dalam waktu yang cukup lama.

Tapi kemudian kita dihadapkan dengan situasi bahwa keadaan akan jauh berbeda setelah kita masuk ke tingkat akhir di SMA. Ada tanggung jawab yang luar biasa besar menanti, yaitu lulus dari SMA dan masuk ke universitas. Kita pun mulai dihadapkan dengan berbagai kebingungan, mulai dari mau masuk tempat bimbel yang mana, pilih PTN atau PTS, memilih jurusan apa nanti kalau sudah kuliah, dan masuk ke universitas mana.

Memang bukan perkara yang mudah untuk menentukannya, apalagi kita dihadapkan juga dengan kenyataan kalau pacar sudah memilih dia mau kuliah ke luar kota, atau beberapa kasus bahkan kuliah ke luar negeri.

Pasti muncul ketakutan dalam benak kita, bahkan ketika hal tersebut belum terjadi, apakah kita bisa bertahan dengan status Long Distance Relationship atau LDR yang di bayangan kita, sama sekali enggak ada indah-indahnya.

“Aku itu adalah orang yang anti banget dengan LDR, beberapa temanku enggak setuju dengan hal ini tapi aku rasa semua orang punya pilihan berbeda. Buatku, yang namanya pacaran ya harus komunikasi langsung. Teknologi sih mungkin membantu, tapi apa kah video call-an bisa mengobati di saat kita lagi sakit dan butuh pacar? He-he-he, ya aku mikirnya gitu saja. Dulu waktu akan kuliah ke luar kota, akhirnya aku memilih untuk berpisah sama pacar. Berat, tapi ya gimana lagi, lebih berat LDR-an sih kayaknya.” (Hanna-20 tahun)

“Pas lulus SMA, pacar memutuskan untuk sekolah pilot ke Lombok. Awalnya aku takut banget, tapi aku juga enggak mau putus. Aku masih sayang banget sama dia dan aku tahu itu adalah cita-citanya sebagai pilot. Tapi setelah menjalaninya, ternyata enggak seberat yang aku kira. Memang dia enggak ada selalu untuk kita, tapi kita jadi paham kalau kepercayaan itu malah terbangun jadi kuat banget. Aku buktikan pun kalau LDR bisa bertahan.” (Rika-20 tahun)

Jadi sebenarnya apa kah LDR itu bisa sukses atau enggak? Klik halaman selanjutnya, ya!

Baca: Bikin Baper, Ini 14 Ilustrasi Tentang Perjuangan Pasangan yang LDR