Hati-hati! 5 Penyakit Ini Rentan Menyerang di Minggu UN, Jaga Kesehatan, Ya!

By Debora Gracia, Selasa, 11 April 2017 | 03:02 WIB
Hati-hati! 5 Penyakit Ini Rentan Menyerang di Minggu UN, Jaga Kesehatan, Ya! (Debora Gracia)

UN alias Ujian Nasional memang menarik seluruh perhatian kita. Meskipun bukan jadi syarat utama kelulusan lagi, kita pasti dipusingkan atau diribetkan dengan UN pada beberapa hari ke depan.

Karena itu, kita harus tetap menjaga kesehatan, agar pada minggu UN ini kita enggak jadi tepar atau pun jatuh sakit, yang akhirnya akan bikin kita enggak konsentrasi selama mengerjakan soal-soal UN.

Hati-hati, 5 penyakit ini rentan menyerang di minggu UN.

Deg-degan jelang ujian adalah hal yang lumrah, tapi jangan sampai kita jadi panikan dan merasa cemas berlebihan karena takut enggak maksimal mengerjakannya. Hal itu bisa bikin kita keringat dingin dan enggak konsen selama mengerjakan soal.

Cara mencegahnya: jangan lupa sarapan sebelum berangkat sekolah, pastikan kita bawa alat tulis dan perlengkapan lainnya dengan lengkap, atur nafas sebaik mungkin saat bel tanda UN dimulai berbunyi.

Penyakit ini juga rentan menyerang kita di minggu UN. Bisa juga karena perubahan cuaca yang kadang hujan, kadang terik, bikin tubuh kita juga sulit menerimanya. Nah, pasti enggak mau dong lagi ngerjain soal UN tapi tangan kita sibuk pegangin tissue karena hidung kita yang meler?

Cara mencegahnya: makan dan minum teratur saat minggu UN, lebih baik kita enggak main ke luar rumah terlalu lama saat minggu UN.

Sakit kepala atau ada yang mengarah ke migrain, bukan sesuatu yang harus didiamkan. Hati-hati, rasa cemas bisa membuat kita sakit kepala. Hal ini pasti berdampak jadi enggak maksimal mengerjakan soal.

Cara mencegahnya: jangan pernah begadang saat minggu UN, tidur yang cukup, dan perbanyak minum air putih.

Klik halaman selanjutnya untuk tahu penyakit lainnya, ya!

Baca: Sebenarnya Belajar Efektif Untuk Ujian dan UN Itu Bagaimana?