Hati-hati, Ini Dia 5 Masalah Kecantikan yang Rawan Dialami Saat Ujian Nasional

By Candy Chandra, Selasa, 11 April 2017 | 08:02 WIB
(foto: dok. 2.bp.blogspot.com) (Candy Chandra)

Enggak dipungkiri bahwa bisa membuat kita lebih mudah stress. Mulai dari jam tidur sampai pola makan yang enggak beraturan. Enggak hanya itu, dampak dari stress bisa berakibat buruk juga bagi kesehatan kulit kita, lho, girls. Penasaran? Ini dia 5 masalah kecantikan yang rawan dialami saat Ujian Nasional!

Baca juga:

8 Aksesori Fashion yang Bikin Fokus Ngerjain Ujian Nasional

3 Perawatan Rambut yang Penting Dilakukan di Minggu Ujian Nasional Supaya Bebas Stres

Pernah mengalami timbul ruam di wajah? Atau gatal-gatal padahal enggak digigit serangga? Itu menjadi salah satu tanda penyebab stress yang kita alami girls. Saat kita stress biasanya kekebalan tubuh juga akan menurun. Sehingga kulit menjadi rentan terhadap serangan dari luar seperti polusi dan alergi.

Saat kita stress, tubuh akan memproduksi hormon kortisol.  Hal ini menyebabkan kulit kita akan memproduksi minyak secara berlebihan terutama pada bagian T line (dahi dan hidung). Minyak yang berlebih bisa membuat kulit kita menjadi kusam dan mengganggu penampilan.

Masalah umum yang akan timbul saat kita stress adalah jerawat. Jerawat bisa muncul secara tiba-tiba karena produksi minyak yang berlebih, ditambah penumpukan sel-sel kulit mati yang membuat wajah menjadi mudah berjerawat dan beruntusan (jerawat kecil dengan jumlah yang banyak).

Percaya atau enggak, stres yang berkelanjutan bisa membuat usia kulit kita 3 sampai 6 tahun lebih tua. Kulit enggak hanya berkeriput tapi juga mengalami dehidrasi. Stres bisa membuat kolagen alami menjadi hilang dan elastisitas kulit berkurang yang menyebabkan timbulnya kerutan halus.