Nama Jessica Jung Dipakai Buat Tokoh yang Meninggal & 5 Kontroversi di Drama Korea Lainnya

By Intan Aprilia, Rabu, 4 April 2018 | 10:15 WIB
kontroversi drama korea (Intan Aprilia)

Siapa sih yang enggak suka sama serial drama Korea? Drama Korea tuh bikin ketagihan karena punya plot cerita yang unik dan karakter yang kuat.

Tapi ternyata, drama Korea juga enggak terhindarkan dari kontroversi. Ini 5 kontrovesi yang pernah terjadi di drama-drama Korea terkenal!

(Baca juga: 4 Drama Korea Ini Memiliki Tokoh yang Menderita Kanker dan Penyakit Ganas, Mengharukan Banget!)

Drama yang ditayangkan oleh stasiun TV SBS ini menggunakan nama asli seleb Kpop Jessica dan Krystal di adegan pemakaman.

Nama asli Jessica, Jung Soo Yeon tertulis sebagai orang yang telah wafat dan nama asli Krystal, Jung Soo Jung tertulis sebagai orang yang mengunjunginya. Juga terdapat pesan dari Jung Soo Jung yakni “Aku rindu kamu, kakak.”

Netizen yang menyadari hal ini langsung beranggapan bahwa drama ini sengaja menggunakan nama asli Jessica dan Krystal untuk menjelekkan nama mereka.

Namun, tim produksi mengonfirmasi kalau hal itu cuma kebetulan aja. Mereka juga menjelaskan bahwa nama tersebut enggak ditujukan untuk Jessica maupun Krystal.

Drama yang dibintangi oleh Gong Yoo ini populer banget dan banyak disukai oleh penonton. Tapi ternyata terdapat kontroversi yang menimpa drama ini.

Karakter cowok di Goblin digambarkan sebagai cowok yang sempurna; ganteng, baik, juga siap melindungi cewek kapan pun dibutuhkan. Tokoh cewek di drama ini, Ji Eun Tak, bisa memanggil Goblin dengan mudah untuk selalu hadir di sisinya.

Kritikus serial TV di Korea memprotes hal ini karena karakter cewek di Goblin akan memberikan kesan bahwa cewek selalu butuh bantuan cowok danhal itu dapat merendahkan status sosial cewek.

Di saat drama Korea lain mulai menampilkan karakter cewek yang kuat dan independen seperti I Can See Your Voice, Weightlifting Fairy Kim Bok Joo, dan Strong Woman Do Bong Soon, serial Goblin masih stuck pada tokoh cewek yang bergantung pada cowok.

(Selain Ahn Min Hyuk, ini karakter cowok yang enggak takut punya cewek lebih kuat, klik di sini)

Selain karakter cewek yang dikritik, Goblin juga mendapatkan perhatian akibat penempatan produk sponsor yang terlalu dipaksakan.

Memang penempatan produk sponsor adalah hal yang normal untuk sebuah drama atau film. Tapi kritikus berpendapat kalau di serial Goblin ini seolah produk lah yang menggerakan cerita, bukan karakternya.

Kim Yoo Jung yang memerankan Hong Ra On di drama ini masih berusia 16 tahun. Berdasarkan standar dan hukum penyiaran, semua orang di bawah umur 19 tahun masih dianggap di bawah umur.

Tetapi terdapat adegan dia berganti baju dan menutup dadanya, serta adegan ciumannya dengan Park Bo Gum juga dianggap kurang layak karena dia masih di bawah umur.

Korea Communications Standards Commission (KCSC) memperingati stasiun TV KBS yang menyiarkan Moonlight Drawn By Clouds tentang hal ini.

“Sebenarnya ini adalah hal yang salah ketika adegan yang terbuka dan adegan ciuman dilakukan oleh seorang di bawah umur. Kalau orang dewasa yang memerankannya, tentu enggak akan ada masalah,” ujar perwakilan KCSC dilansir dari soompi.com.

(Film dan drama Korea yang dibintangi oleh member EXO)

Drama yang diperankan oleh Lee Minho dan Jun Jihyun ini dituduh melakukan plagiarisme. Netizen menyadari terdapat kesamaan plot dengan film Hollywood berjudul Splash.

Splash bercerita tentang seorang pebisnis muda sukses yang jatuh cinta kepada putri duyung yang menyelamatkan nyawanya saat akan tenggelam di laut.

Sedangkan The Legend of the Blue Sea bercerita tentang cowok yang jatuh cinta pada putri duyung terakhir di bumi. Netizen juga berpendapat enggak cuma ceritanya yang mirip, tapi juga kelakuan karakter yang diperankan oleh Jun Jihyun.

Dia belajar cara berbicara seperti manusia dari TV, makan dengan tangan karena enggak tahu cara menggunakan peralatan makan, enggak mengerti rambu lalu lintas dan lainnya. Hal-hal yang persis sama juga dilakukan oleh karakter putri duyung di film Splash. Menurut kamu gimana? 

(Drama-drama ini punya tokoh yang bisa melihat hantu, berani nonton?)

(Klik di sini untuk melihat drama Korea dengan tokoh cewek yang punya kekuatan super)