Curhat Tatjana Saphira Tentang Pengalaman Jatuh Sakit Karena Diet yang Salah & Jadi Korban Bullying

By Aisha Ria Ginanti, Senin, 21 Mei 2018 | 07:33 WIB
Diet yang salah berakibat fatal! (Aisha Ria Ginanti)

Tatjana Saphira terlihat sebagai sosok aktris yang selalu bahagia, kuat, dan bangga pada dirinya sendiri. Tapi siapa sangka sangka, di balik hal tersebut, Tatjana butuh perjalanan panjang dan berliku sampai akhirnya bisa jadi sosok yang positif seperti sekarang. Tatjana pernah mengalami masalah dengan tubuhnya sendiri dan membuatnya sampai jatuh sakit. Ia mengaku sewaktu berumur tiga belas tahun dulu, dia mempunyai persepsi yang salah mengenai diet dan hidup sehat.

“Dulu aku suka banget melihat tumblr yang banyak foto-foto model, misalnya model Victoria Secret. Itu benar-benar merusak body image aku.

Ditambah teman-temanku juga mulai diet dan aku ikut-ikutan. Padahal aku masih 13 tahun, kenapa harus diet-diet segala, sih?

Namun, apa yang aku lihat mempengaruhiku. Aku harus kurus. Aku harus cantik,” kenang Tatjana.

(Baca juga: Curhat Cewek yang Menyesal Enggak Pernah Sadar Sahabatnya Sakit Parah Sampai Akhirnya Meninggal)

Keinginan itu membuat Tatjana mulai mengurangi makan. Dia sama sekali enggak makan nasi dan daging, hanya memakan buah dan sayur-sayuran.

Sampai akhirnya Tatjana jatuh sakit dan dokter menyebut kalau dirinya mengalami kurang gizi.

“Aku bahkan masih ngerasain akibatnya sampai sekarang.

Kalau telat makan sedikit, perutku langsung sakit.

Itu salah satu hal yang paling aku sesalin banget, tapi itu konsekuensi dari apa yang pernah aku lakukan dan aku harus terima.

Yang penting sekarang, sebisa mungkin aku mencegahnya, misal dengan makan yang benar dan berolahraga,” jelas Tatjana.

(Baca juga: Cerita Adinia Wirasti yang Pernah Dibully dan Ngerasa Insecure karena Warna Kulit yang Gelap)

Selain masalah body image, masa remaja Tatjana juga harus berhadapan dengan bullying. Sedihnya, bullying ini dilakukan oleh sahabatnya sendiri. Hal ini terjadi ketika Tatjana mulai aktif di modeling dan sering menjadi bintang iklan.

“Aku punya sahabat dan kayaknya dia enggak suka aku ikut modeling. Padahal apa yang aku lakuin enggak ngerugiin dia, kan?

Dia sering membuat aku sedih, memberikan energi negatif dan komentar negatif. Dia pernah bilang, ‘Kenapa, sih, ikut modeling? Enggak penting.’

Pernah juga waktu aku harus potong rambut karena iklan, dia bilang ‘Ngapain, sih, potong rambut segala? You look horrible’. Awalnya aku memikirkan omongan dia dan sampai meragukan diriku sendiri. namun lama-lama aku capek terus terbawa pengaruh negatif dari dia,” kenang Tatjana.

Bukan hanya itu saja, yang membuat Tatjana lebih kecewa adalah saat sang teman membocorkan semua hal yang pernah diceritakan Tatjana kepada orang lain.

“Akhirnya aku ngejauhin dia dan aku enggak melihat dia berusaha untuk minta maaf. Jadi, kita enggak berhubungan lagi. Aku juga enggak merasa rugi karena sekarang aku punya teman yang jauh lebih baik,” tegas Tatjana.

(Baca juga: Curhat Aliando Syarief yang Pernah Depresi Karena Haters & Cyberbullying Tapi Akhirnya Bangkit)

Banyak masalah yang dihadapi membuat Tatjana tumbuh menjadi cewek yang kuat dan percaya diri.

Sekarang, Tatjana merasa jauh lebih nyaman dengan dirinya sendiri.