Ini Alasan BTS Bisa Jadi 'Monster' Medsos Global & Menang Top Social Artist Billboard Music Awards!

By Aisha Ria Ginanti, Selasa, 13 Juni 2017 | 02:15 WIB
BTS setelah menang di Billboard Music Awards 2017. Foto: Billboard (Aisha Ria Ginanti)

Ada yang berbeda dengan penyelenggaraan Billboard Music Awards (BBMAs) tahun ini.

Yap, tahun ini BTS (Bangtan Boys) jadi grup Kpop pertama yang menerima nominasi sekaligus penghargaan di salah satu ajang penghargaan musik bergengsi di Amrik ini.

Sebelumnya PSY pernah menang di BBMAs 2013 sebagai penyanyi solo.

BTS berhasil memenangkan pengharagaan Top Social Artist pada Billboard Music Awards 2017, Senin, 22 Mei (WIB) di Los Angeles, Amrik.

Mengalahkan empat nominasi lainnya yaitu, Justin Bieber, Shawn Mendes, Ariana Grande dan Selena Gomez.

Seleb Hollywood yang dikenal sangat berpengaruh di medsos dan punya fanbase yang besar.

Jadi enggak salah kalau kita kasih standing ovation buat BTS dan tentunya ARMY yang sudah vote dengan sekuat tenaga.

Apalagi BTS juga berhasil meninggalkan jauh ‘lawannya’ di kategori ini dengan total lebih dari 300 juta vote.

Sedangkan seleb yang jadi nominasinya masih dalam jumlah puluhan juta.

Justin Bieber ada di peringkat kedua dengan total lebih dari 20 juta vote.

Dengan ini, BTS berhasil menorehkan sejarah sebagai satu-satunya seleb Korea dan Asia yang berhasil menang di Billboard Music Awards atau ajang penghargaan musik bergengsi di Amrik.

Cek kemenangan BTS di Billboard Music Awards 2017 untuk Top Social Artist.

" >

(Baca juga: Billboard Menobatkan BTS A.R.M.Y Sebagai Fandom Terbaik, Ini 5 Alasannya)

Meski ini adalah ajang penghargaan musik di Amrik, tapi tentu saja yang vote untuk BTS adalah fans dari seluruh dunia. Total vote yang dihasilkan lebih dari 300 juta, sejak vote dibuka pada 1 Mei 2017 lalu.

" >

Sebenarnya kekuatan BTS di medsos ini enggak tiba-tiba meledak.

BTS dan Big Hit Entertainment sebagai manajemen menggunakan medsos sebagai alat untuk mempromosikan BTS sejak sebelum mereka debut.

Sebagai grup yang berasal dari sebuah label kecil (bukan label Big Three di Kpop yaitu YG Entertainment, JYP Entertainment dan SM Entertainment), Big Hit Entertainment sangat pintar menggunakan medsos sebagai alat untuk memasarkan BTS yang akhirnya berhasil 'membeli' hati banyak fans global.

Maklum saja, sasaran fans BTS memang adalah anak-anak remaja dan dewasa muda yang hidupnya memang udah enggak bisa lepas dari medsos.

Jadi wajar kalau engagement yang mereka jalin dengan fans lewat medsos sangatlah kuat.

Yap, setengah tahun sebelum debut di tahun 2013 lalu, BTS sudah aktif berkomunikasi dengan fans di medsos.

Mereka membangun nama dan ‘brand’ mereka dengan mengupload berbagai konten di Twitter @BTS_twt dan juga vlog harian (log) di fancafe dan YouTube.

Bahkan mereka juga aktif merilis berbagai cover lagu di akun YouTube dan Soundcloud mereka.

(Baca juga: BTS Jadi Seleb Kpop Pertama yang Punya Emoji Spesial di Twitter, Indonesia Pengguna Paling Aktif!)

(Baca juga: 5 Penyanyi Hollywood yang Ngefans Bahkan Pengin Kolaborasi Sama BTS. Semoga Beneran Terjadi!)

Setiap member pun punya karakter masing-masing soal eksistensi mereka di medsos.

Yang pasti semuanya punya ciri khas dan konten yang bikin fans selalu kangen menunggu mereka muncul di medsos.

(Baca juga: 15 Foto Keren BTS di Magenta Carpet Billboard Music Awards 2017)

(Baca juga: 10 Lagu BTS yang Bisa Ngasih Pelajaran Hidup Penting Buat Remaja)

(Baca juga: Sukses Fan Project 2!3! & 7 Momen Mengharukan Lain di Konser BTS WINGS Tour In Jakarta. Merinding!)

Strategi ini berhasil banget menjaring fans. Karena jadi banyak orang yang terkespos pada BTS.

Baik bakat dan skill mereka, atau pun keseruan dan kepribadian mereka yang lucu dan menarik banget buat fans.

Mereka pun sangat konsisten menyediakan konten medsos bagi fans. Mereka punya beberapa segmen yang secara konstan disajikan bagi fans seperti Bangtan Bomb di YouTube dan program RUN BTS juga Bangtan Gayo di channel aplikasi V App.

Tentunya BTS juga menjalin komunikasi yang lebih personal dengan fans melalui akun Twitter dan fancafe mereka di Daum.

“Kami telah menggunaka Twitter sejak sebelum kami debut.

Kami selalu memposting foto-foto, dan konten kehidupan nyata kami, seperti video.

Mungkin fans kami merasa sangat terbiasa dengan itu.

Mereka bisa tahu apa yang sedang kami lakukan, apa yang sedang kami makan, apa yang sedang kami buat (pekerjaan).

Jadi aku rasa itula (alasannya mereka begitu besar di medsos),” jelas Rap Monster saat diwawancara Good Morning America di magenta carpet Billboard Music Awards.

Jadi rasanya enggak salah kalau kita bilang bahwa BTS menjadi besar mendunia karena telah sukses dengan pintar memanfaatkan media sosial.

Tentunya dengan dukungan yang sangat besar dari AMRY juga yang selalu membuat BTS jadi trending di medsos dan berhasil memecahkan banyak rekor di YouTube.

Sekali lagi selamat buat BTS dan ARMY yang telah menorehkan sejarah!

(Baca juga: BTS Menang Top Social Artist dan 4 Fakta Seru Lainnya Tentang BTS di Billboard Music Awards 2017)