5 Kota di Indonesia yang Menjadi Sister City dengan Negara Lain di Tahun 2017. Keren!

By Debora Gracia, Kamis, 1 Juni 2017 | 00:40 WIB
5 Kota di Indonesia yang Menjadi Sister City dengan Negara Lain di Tahun 2017. Keren! (Debora Gracia)

Girls, pernah mendengar enggak istilah sister city? Sister city atau kota kembar, adalah konsep penggandengan dua kota yang berbeda lokasi untuk menjalin hubungan budaya dan kontak sosial antar penduduk.

Kota-kota yang menjadi sister city umumnya punya persamaan keadaan demografi dan masalah-masalah yang dihadapi.

Hubungan sister city ini biasanya akan berguna untuk program pertukaran pelajar dan kerjasama di bidang budaya dan perdagangan.

Sudah banyak kota di Indonesia yang melakukan sister city dengan kota dari negara lain, dan beberapa pun sudah berakhir kerja samanya.

Nah, ini 5 kota di Indonesia yang menjadi sister city dengan negara lain di tahun 2017.

 

Tahun ini, Surabaya menjalin sister city dengan salah satu kota di Inggris yang terkenal dengan klub sepakbolanya, Liverpool. Kerja sama kedua kota ini ditulis dalam Letter on Intent (LoI) yang ditandatangani oleh walikota Surabaya dan Liverpool pada 17 Mei 2017 lalu.

Ada pun kerjasamanya meliputi bidang smarty city, maritim dan ekonomi kreatif. Penandatanganan LoI ini juga jadi salah satu agenda kunjungan Walikota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini yang menghadiri New Plastic Economy Price di London, Inggris.

 

Bandung juga baru-baru ini meresmikan kerja sama dengan Kota Cotabato, Filipina sebagai sister city. Hal ini dilihat karena kedua kota ini punya demografi yang serupa.