Menurut Andien Aisyah, Ini 3 Alasan Kita Harus Biasakan Budaya Membaca Buku Agar Jadi Cewek Cerdas!

By Debora Gracia, Jumat, 9 Juni 2017 | 01:09 WIB
Menurut Andien Aisyah, Ini 3 Alasan Kita Harus Biasakan Budaya Membaca Buku! (Debora Gracia)

Andien Aisyah, salah satu penyanyi Indonesia yang sudah lama berkecimpung di dunia industri musik ternyata enggak hanya suka bernyanyi saja.

Sejak kecil, Andien dibiasakan untuk punya hobi membaca buku dan hal ini sudah diajarkan oleh  orangtuanya.

Kebiasaan ini pun berlanjut sampai sekarang, dan ia ingin menularkannya juga kepada orang lain.

“Kalau mau rajin sebenarnya harus dimulai dari kecil dan diajarkan oleh orangtua. Dulu waktu remaja, aku suka membaca novel-novel karya Enid Blyton,” ucap Andien saat acara Berbuka Puasa Bersama bareng GO-TIX dan Yayasan Sayangi Tunas Cilik, bagian dari Save the Children di RPTRA Penjaringan Indah.

Yayasan Sayangi Tunas Cilik saat ini sedang berkonsentrasi di Gerakan 1000 Anak Membaca, untuk membudayakan membaca buku sejak kecil.

Menurut Andien, ada alasan yang penting kenapa kita harus biasakan budaya membaca.

Indonesia mendapat peringkat ke-2 dari bawah dari 61 negara dalam minat membaca, dan menurut Andien hal ini sangat mengkhawatirkan.  

“Kalau kita berkaca kepada negara-negara yang lebih maju, sebenarnya ada pelajaran yang bisa kita ambil. Anak-anak di sana sudah biasa membaca buku, bukan bermain gadget. Kenapa kita enggak bisa meniru yang baik?

Makanya, budaya membaca buku itu penting agar nantinya banyak orang-orang berkualitas yang lahir dari Indonesia,” ujar Andien.

Kita merasa membaca buku itu membosankan, bikin mengantuk, dan malas sekali untuk memulainya. Sebenarnya sekarang teknologi itu sudah canggih, kita bisa membaca lewat akses yang luas.