Sebelum Memutihkan Kulit, Ini 4 Fakta Soal Bleaching yang Harus Kita Tahu!

By Jana Miani, Selasa, 15 Agustus 2017 | 09:45 WIB
Sebelum Memutihkan Kulit, Ini 4 Fakta Soal Bleaching yang Harus KIta Tahu! (Jana Miani)

Yang sering dikeluhkan cewek-cewek Indonesia biasanya masalah kulit yang gelap. Akhirnya banyak yang mencari cara untuk memutihkan kulit.

Salah satu cara memutihkan kulit yaitu dengan bleaching. Tapi sebaiknya sebelum memutihkan kulit, ini 4 fakta soal bleaching yang harus kita tahu!

(Lihat juga di sini Tips Memutihkan Kulit Dan Teknik Pemakaian Cream Bleaching Yang Benar)

merupakan teknik memutihkan kulit dengan proses pengurangan melanin pada kulit. Melanin adalah pigmen yang diproduksi oleh kulit yang fungsinya melindungi kulit dari radiasi UV yang berbahaya. (sridianti.com)

Bahan utama bleaching yang dapat memutihkan kulit dengan baik adalah hydroquinone, namun ada bahan kimia lain seperti azelaic acid dan kojic acid, yang sebenarnya juga terdapat pada lotion yang kita pakai sehari-hari. Bahan-bahan ini fungsinya menghambat pembentukan melanin. Setiap orang secara alami memproduksi melanin namun memiliki tingkat yang berbeda-beda.

Kulit orang Indonesia biasanya ada di tingkat 3-5 melanin. Sementara orang Barat dan Asia Timur di tingkat 1-2, lalu Afrika di tingkat 6 ke atas.

Semakin gelap atau semakin banyak kandungan melanin pada tubuh, maka kulit kita akan lebih aman dari paparan sinar matahari. Sehingga, kemungkinan terkena kanker kulit akan semakin kecil.

Pada saat bleaching sebenarnya kita enggak hanya menghambat pembentukan melanin yang bikin kulit kita jadi lebih putih.Tapi bleaching juga mengeksfoliasi kulit, karena terdapat zat untuk pengelupasan kulit. Sehingga kulit jadi lebih sensitive.

Kenyataanya enggak ada produk bleaching yang dijamin aman dipakai. Semuanya tergantung pada kulit kita apakah cocok atau enggak dengan bleaching.