Siap-Siap Hunting! Ini Dia 3 Fenomena Astronomi yang Bakal Terjadi Pada Bulan Agustus

By Putri Saraswati, Sabtu, 19 Agustus 2017 | 05:30 WIB
Siap-Siap Hunting! Ini Dia 3 Fenomena Astronomi yang Bakal Terjadi Pada Bulan Agustus (Putri Saraswati)

Setiap tahun ada banyak peristiwa astronomi yang bisa kita saksikan. Enggak terkecuali pada tahun 2017.

Walaupun tahun ini Indonesia harus absen dulu melihat gerhana matarahari. Tapi, fenomena astronomi lain, seperti gerhana bulan dan hujan meteor tetap bisa kita nikmati.

Pada bulan Agustus 2017 sendiri ada tiga fenomena astronomi yang bisa disaksikan di Bumi.

Dua di antaranya bisa kita lihat di Indonesia lho! Penasaran?

Fenomena ini terjadi saat Bumi bergerak di antara matahari dan bulan namun tidak persis lurus dalam satu garis.

Sebagian piringan bulan akan berada dalam umbra Bumi dan sebagian lagi berada di area penumbra. Bagian bulan yang berada di umbra Bumi, tidak akan dapat menerima cahaya matahari. Sedangkan sebagian lainnya di penumbra masih bisa menerima sebagian cahaya matahari.

Bulan akan terlihat seperti tergigit.

Gerhana bulan sebagian ini akan terlihat jelas di Uni Emirat Arab, Asia Tengah, Samudera Hindia, dan sebagian wilayah di Afrika dan Eropa.

Dilansir dari Info Astronomy, masyarakat Indonesia bisa melihat fenomena ini mulai pukul 22.50 WIB tanggal 7 Agustus. Puncaknya terjadi pada pukul 01.20 WIB tanggal 8 Agustus dan berlangsung selama 1 jam 55 menit.

Bumi akan melewati bekas jalur orbit Komet Swift-Tuttle dari tanggal 17 Juli – 24 Agutus 2017. Puncaknya akan terjadi tanggal 12 Agutus saat Bumi melewati jalur orbit terpadat oleh puing-puing komet tersebut. Diperkirakan 100-150 meteor akan melintas setiap jam dan tampak seperti datang dari rasi Perseus.