Atasi Situasi Saat Gempa, 5 Aplikasi Smartphone Ini Bisa Membantu Kita

By Putri Saraswati, Selasa, 23 Januari 2018 | 07:07 WIB
Atasi Situasi Saat Gempa, 5 Aplikasi Smartphone Ini Bisa Membantu Kita (Putri Saraswati)

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang rawan gempa. Hal ini disebabkan karena letak Indonesia dikepung oleh tiga lempeng tektonik dunia dan juga merupakan jalur gunung aktif dunia atau disebut dengan The Pacific Ring of Fire.

Makanya pemerintah Indonesia gencar banget menyuarakan berbagai informasi mengenai persiapan dan antisipasi kemungkinan terjadinya bencana ini.

Kita sebagai warga juga harus aktif menggali informasi soal gempa. Salah satu caranya bisa nih dengan mengundung 4 aplikasi smartphone ini. Yuk intip!

Earthquake Alert! adalah salah satu aplikasi yang paling terpercaya untuk urusan informasi soal gempa. Aplikasi yang bisa diunduh secara gratis oleh pengguna Android ini memberi peringatan ancaman gempa dengan kekuatan mulai dari 1 SR untuk Amerika Serikat dan di atas 4.5 SR untuk negara lain.

Aplikasi ini menyediakan informasi mengenai gempa beserta kekuatannya yang udah atau sedang terjadi di daerah sekitar kita. Selain bisa melihat fakta dan angka-angka, seperti perkiraan tingkat kerusakan, aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk membaca artikel dan foto terkait.

Bisa diunduh secara gratis untuk pengguna iOS.

Dari aplikasi ini kita bisa mendapatkan informasi soal gempa dari 17 badan atau instansi internasional, seperti United States Geological Survey (USGS), EU Mediterranean Earthquake Centre, dan Japan Meteorological Agency. Bisa dipastikan informasi yang kita terima itu akurat dan bisa dipercaya.

Dalam keadaan darurat seperti gempa, hal pertama yang kita ingat adalah keluarga. Penting bagi kita untuk mengetahui keberadaan mereka dan kemudian berkumpul bersama. Nah, aplikasi pendeteksi lokasi ini bisa membantu kita untuk tetap terhubung satu sama lain saat terjadi gempa.