#GIRLS6ENERAT10N 10 Tahun Perjalanan Karir SNSD (2007 – 2017). Inspiratif Banget

By Ifnur Hikmah, Senin, 9 Oktober 2017 | 16:30 WIB
foto: dok.cewekbanget.id (Ifnur Hikmah)

Selama sepuluh tahun SNSD berhasil bertahan dan menjadi girl group nomor satu di Korea. Enggak hanya di negara asalnya, SNSD juga menjadi role model banyak fans di negara lain, termasuk Indonesia. Merayakan ulang tahun ke-10, yuk kita intip #GIRLS6ENERAT10N 10 tahun perjalanan karir SNSD (2007 – 2017) yang inspiratif banget.

(Lihat di sini sepuluh hal yang membuat SNSD jadi role model)

Kesuksesan yang didapatkan SNSD saat ini berasal dari perjuangan dan kerja keras setiap member. Sebelum debut tahun 2007, semua member harus melewati masa training selama bertahun-tahun.

Jessica, Hyoyeon, dan Sooyoung jadi member pertama yang bergabung dengan SM Entertainment di tahun 2000. Disusul oleh Yuri di tahun 2001, YoonA di tahun 2002, Seohyun di tahun 2003, Taeyeon serta Tiffany di tahun 2004, dan Sunny di tahun 2007.

SNSD memulai debut lewat single Into The New World. Ketika debut, dunia musik Korea didominasi oleh idol cowok, sehingga kehadiran girl group, terutama yang berjumlah besar yaitu sembilan member merupakan sebuah terobosan baru.

Nama SNSD semakin terkenal setelah merilis lagu Gee tahun 2009. Saking suksesnya, Gee dinobatkan sebagai Song of The Decade oleh Melon, situs streaming musik terbesar di Korea.

Pencapaian ini membuat SNSD dijuluki Nation Girl Group. SNSD membuka kesempatan untuk idol cewek di generasi berikutnya, karena mereka berhasil mengembalikan perhatian publik kepada idol cewek, setelah sepanjang tahun 2002 – 2007, industri musik dikuasi oleh idol cowok.

Sekarang, Into The New World menjadi salah satu lagu wajib para trainee. Nayoung ‘PRISTIN’ pernah menyebutkan kalau mereka wajib berlatih lagu Into The New World selama jadi trainee. Enggak hanya itu, Into The New World juga dinyanyikan oleh para demonstran saat menuntut mundur presiden Korea Selatan Park Geun Hye tahun 2016.

Kesuksesan SNSD juga dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang mereka terima. Selain membawa pulang ratusan trofi di acara musik mingguan, SNSD juga pernah meraih dua Digital Daesang dan satu Disk Daesang di acara Golden Disk Award. Mereka menjadi girl group pertama yang memenangkan penghargaan ini selama tiga kali berturut-turut. Mereka juga meraih Daesang di Seoul Music Award selama dua tahun berturut-turut.