Wajib Tahu! 5 Tips Perawatan untuk Kulit Kombinasi

By Marcella Oktania, Senin, 7 Agustus 2017 | 06:10 WIB
Kulit Kombinasi (Marcella Oktania)

Kalau kita punya kulit wajah dengan bagian T-zone yang berminyak dan daerah lainnya kering, itu tandanya jenis kulit kita kombinasi. Sayangnya, kita yang punya kulit kombinasi memang sering serba salah kalau melakukan perawatan. Perawatan yang terlalu melembapkan hanya akan membuat bagian T-zone kita makin berminyak. Tapi perawatan yang mengangkat minyak berlebih malah bikin daerah pipi jadi makin kering. Nah, supaya enggak bingung lagi, yuk ketahui tips perawatan untuk kulit kombinasi.

Rekomendasi 7 Bedak Padat di Bawah 100 Ribu yang Cocok Untuk Kulit Sawo Matang)

 

Tangan kita penuh dengan berbagai macam bakteri. Oleh karena itu, kalau kita menyentuh kulit wajah sebelum membersihkan tangan, bakteri akan pindah ke wajah kita. Menyentuh kulit wajah juga akan membuat pori-pori menjadi lebih besar, karena produksi minyak di kulit jadi meningkat. 

Eksfoliasi penting banget untuk membasmi komedo dan kulit mati. Selain itu, bisa menstimulasi aliran darah dan membuat wajah jadi lebih lembut. Eksfoliasi juga membantu membuka pori-pori agar kita bisa membersihkan kulit lebih menyeluruh. Cari eksfoliant dengan bahan dasar gel atau air.

Seperti Kang Daniel ‘Wanna One’, Ini 10 Rekomendasi Lip Tint Pink di Bawah 100 Ribu)

Tiga tahap yang paling penting dari skin care untuk semua jenis kulit, terutama kulit kombinasi adalah membersihkan, memberi toner, dan melembapkan. 

Membersihkan wajah dimulai dari kita membersihkan makeup dan mencuci wajah harus dilakukan dengan benar.

Toner berguna sebagai pembersih terakhir. Terkadang pembersih yang kita gunakan enggak 100% membersihkan segala kotoran yang ada di wajah. Nah, toner berguna untuk membersihkan kotoran yang masih tertinggal, sehingga kulit kita benar-benar bersih total dan siap menerima perawatan kulit selanjutnya.

Pelembap yang ringan bagus banget untuk kulit kombinasi, lho. Hal ini karena memberikan kelembapan di area yang kering dan memberikan kesan matte di area yang berminyak. Pilih pelembap dengan kandungan gel untuk bagian yang berminyak dan krim untuk bagian yang kering. 

8 Model Tas yang Cocok Dipakai ke Kampus ala Selebgram Indonesia. Cocok Buat Mahasiswa Baru!)

Never say no to sunscreen! Sunscreen harus dipakai untuk menjaga kulit dari sinar matahari yang bisa merusak kulit kita. Untuk kulit kombinasi, sinar matahari bakal membuat area berminyak makin berminyak dan area kering makin kering. Coba cari sunscreen dengan bahan dasar gel atau liquid.