Makna Diary Jin BTS dan Teori Fans Soal Series "Love Yourself"

By Putri Saraswati, Senin, 14 Agustus 2017 | 10:30 WIB
Makna Diary Jin BTS dan Teori Fans Soal Series ()

Sejak awal debutnya, BTS emang terkenal enggak menganggap remeh soal MV (Music Video). Bagi BTS,  MV bukan cuma sekadar keindahan visual, tapi juga soal kuatnya storytelling yang disampaikan.

Uniknya, storytelling tiap MV BTS itu saling berkaitan satu sama lain. Makanya enggak aneh kalau ARMY (sebutan fans BTS) selalu heboh saling bertukar teori soal makna di balik tiap MV tersebut.

Termasuk pada series terbaru BTS yang dimulai bulan Agustus ini, "Love Yourself".

Setelah merilis dua rangkaian poster tiap member yang penuh isyarat akan storytelling baru, BigHit Entertainment merilis notes atau catatan harian pada era The Most Beautiful Moment In Life yang ditulis oleh member Seokjin.

" >

Pada poster "Love Yourself" pertama, terlihat Jungkook duduk di atas kursi roda. Menandakan kondisinya setelah mengalami kecelakaan mobil yang ditunjukan di MV "Run" dan "I Need U". 

Sekarang beralih ke rangkaian poster "Love Yourself" yang kedua. Di sini kita lihat Min Yoongi sedang duduk di ruang tunggu rumah sakit tempat di mana Jungkook dirawat setelah kecelakaan.

Kemungkinan besar Yoongi merasa bersalah karena sebelumnya dia bertengkar hebat dengan Jungkook (MV "Run"). Dalam MV "I Need You", Yoongi mengalami depresi. Di dinding kamar Yoongi, checkered shirt yang dipakai Jungkook di dalam MV "Run" terlihat menggantung. 

Dalam notes atau catatan hariannya, Jin menyebutkan soal grafiti. Ini mengacu pada kisah Namjoon dan Taehyung. Pada MV "Run", keduanya terlihat sedang membuat grafiti pada suatu dinding. Enggak lama kemudian, polisi pun menangkap mereka. 

Pada poster kedua series "Love Yourself" Namjoon dan Taehyung dipasangkan bersama. Keduanya berbaring di jalan sambil melihat ke arah samping kiri (masa lalu). Tulisan di samping kanan bisa dibaca menjadi dua frasa, yakni "Save Me" (Taehyung) dan "I'm Fine" (Namjoon). 

Saat series "Wings", tiap member BTS merilis video dengan storytelling yang berbeda. Pada "Stigma" (Taehyung), dia merasa Namjoon meninggalkannya seorang diri. Sedangkan pada "Reflection" (Namjoon), terlihat Namjoon berusaha menerima panggilan telepon pada phonebooth yang terkunci.

Kejadian ini kembali ditekankan pada poster "Love Yourself" Taehyung yang pertama. Quote dalam poster tertulis, "Apakah kamu akan tetap pergi kalau aku memilih jalan yang berbeda?"