10 Berita Kesehatan Soal Menstruasi Ini Hoax. Jangan Dipercaya!

By Putri Saraswati, Kamis, 21 September 2017 | 09:15 WIB
10 Berita Kesehatan Soal Menstruasi Ini Hoax. Jangan Dipercaya! (Putri Saraswati)

Saat sedang menstruasi (red days), kondisi tubuh kita banyak yang berubah. Mulai dari pegal-pegal, payudara lebih sensitif, dan gampang lelah.

Kita juga mengalami perubahan psikis saat menstruasi atau red days, nih, girls, seperti menjadi lebih mudah marah, sensitif, dan moody-an.

Parahnya, saat tubuh dan pikiran kita udah terbebani dengan kondisi yang enggak enak, tiba-tiba datang informasi menakutkan dari teman atau saudara soal menstruasi.

Kabar yang belum terbukti kebenarannya ini pun enggak jarang bikin kita parno.

Berikut 10 Berita Kesehatan Soal Menstruasi Ini Hoax. Jangan Dipercaya!

(Baca juga: Masalah Menstruasi (Red Days) yang Berbahaya dan Perlu Diperiksakan ke Dokter)

Siklus menstruasi alias red days itu diatur oleh hormon estrogen dan progesterone. Jadi, kalau menstruasi terlambat, itu lebih disebabkan karena faktor fisik, seperti kelelahan, stres, dan juga penyakit.

Sampai sekarang belum ada penelitian tentang hal ini. Tapi, enggak disarankan juga nih untuk mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan karena bisa mempengaruhi keseimbangan nutrisi dalam tubuh yang otomatis berpengaruh pada siklus menstruasi atau red days.

Kemungkinannya memang kecil. Tapi, bukan berarti enggak akan hamil. Walaupun sedang menstruasi atau red days, sperma tetap dapat masuk ke dalam vagina dan bertahan selama tujuh hari.