5 Cara Menyemangati Sahabat yang Lagi Ada Masalah

By Indah Permata Sari, Rabu, 24 Januari 2018 | 12:15 WIB
5 Cara Menyemangati Sahabat yang Lagi Ada Masalah (Indah Permata Sari)

Setiap orang memiliki masalahnya masing-masing yang kadang bisa membuat segala sesuatu rasanya berantakan dan enggak sesuai rencana. Dalam persahabatan, memang sudah wajib hukumnya untuk ada di saat susah ataupun senang. Kalau sahabat lagi ada masalah, memang sudah menjadi kewajiban kita untuk berada di sampingnya dan mensupportnya. Ini dia 5 cara menyemangati sahabat yang lagi ada masalah.

Kita sebagai sahabat pasti tahu kok tanda-tanda sahabat kita yang lagia da masalah atau banyak pikiran. Karena itu, tanpa dia minta memang sebaiknya kita peka untuk selalu bersedia menjadi temnpat curhat dia. Terkadang, saat orang mengalami masalah yang dia butuhkan hanyalah orang ynag bisa mendengar keluh kesahnya.

(Baca juga: )

Enggak hanya siap untuk selalu mendengarkan curhatnya, tapi kita juga sebaiknya bisa memberikan saran dan motivasi kepadanya. Saran yang kita berikan memang hanya sebatas pengetahuan kita, namun sahabat mungkin akan selalu mempertimbangkan saran-saran yang kita berikan kepadanya. Kita jangan pernah lelah untuk mengatakan hal itu ke sahabat sebagai motivasi dia untuk tetap semangat.

Jika kita ingin mengajak dia ke tempat yang bisa menenangkan pikirannya, sebaiknya kita bisa mencari waktu yang tepat saat dia memang lagi senggang dan enggak ada hal yang harus dia lakukan. Kita bisa mengajak dia ke tempat yang enggak berisik dan sejuk agar dia bisa rileks dan bisa mengumpulkan kembali tenaganya. Saat berada di tempat tersebut, sebaiknya kita sama sekali enggak membahas mengenai masalahnya, tapi jika dia memang ingin bercerita maka kita bisa mendengarkan curhatnya.

(Baca juga: )

Setelah mengetahu masalah yang dialami sahabat, kita merasa bahwa ada hal yang mungkin bisa kita lakukan untuk membantunya. Jika kita merasa seperti itu, maka jangan ragu untuk menawarkan bantuan, Mungkin ada beberapa orang yang enggak mau menerima bantuan kita karena merasa enggak enak, karena itu kita harus bisa melihat situasi dan karakter sahabat kita.

Kita sampaikan ke sahabat bahwa kita selalu mendukungnya apapun yang akan terjadi padanya. Kita akan mendukungnya selama itu memang yang terbaik baginya dan bisa membuat dia bahagia. Namun kita juga enggak boleh diam jika kita tahu dia akan mengambil jalan yang enggak seharusnya. Kita bisa menasehatinya tanpa memberi kesan kita enggak berada di pihaknya.

(Baca juga: )