Tertarik dengan Isu Perempuan? Hadiri Feminist Festival 26-27 Agustus 2017!

By Indra Pramesti, Kamis, 24 Agustus 2017 | 07:31 WIB
Tertarik dengan Isu Perempuan? Hadiri Feminist Festival 26-27 Agustus 2017! (Indra Pramesti)

Sejak keikutsertaan lebih dari 700 orang dalam Women’s March Jakarta pada Maret 2017, bisa dilihat bahwa feminisme dan hak perempuan sudah dianggap penting di Indonesia.

Banyak yang menghadiri Women’s March Jakarta dan baru mulai belajar tentang feminism namun belum terlalu terlibat dalam perjuangan hak perempuan. Berdasarkan permintaan mereka, akhirnya panitia Women’s March Jakarta setuju untuk mengadakan sebuah acara untuk saling tukar pengalaman: Feminist Fest 2017.

(Baca juga di sini: Women's March Jakarta: Aksi Seru & Damai Buat Indonesia yang Lebih Baik. )

Menurut Misiyah, Direktur Insititut KAPAL Perempuan, salah satu mitra Femfest, “Dalam masyarakat yang saat ini semakin tertutup akibat menguatnya ideologi konservatif, dibutuhkan gerakan yang mampu membuka ruang-ruang dialog untuk menyingkap penindasan berbasis gender yang salama ini tersembunyikan, bahkan disembunyikan,” kata Misiyah.

Feminist Fest akan diadakan oleh Jakarta Feminist Discussion Group (JFDG) di SMA 1 PSKD, Salemba, Jakarta Pusat, dengan dukungan dari puluhan LSM, komunitas, dan individu.

Pendukungnya termasuk KAPAL Perempuan, Koalisi Perempuan Indonesia (KPI), Peace Women Across the Globe (PWAG), Indonesia Feminis, Hollaback! Jakarta, Lentera, INFID, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Rutgers WPF, Klinik Angsamerah, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), dan masih banyak lagi.

Menurut Ketua Komite Feminist Fest 2017, Anindya Restuviani, menyatakan bahwa FemFest memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan yang lebih mendalam tentang feminisme dan isu-isu lintas sektornya.

(Baca juga di sini: 10 Quotes yang Dibawa Saat Aksi Women’s March. Lucu Tapi Menyentuh dan Ngena )

“Feminisme dapat membantu kita untuk dapat memenuhi hak keadilan gender dan ingin membebaskan semua orang untuk dapat memilh apa yang terbaik untuk mereka. Selain itu, acara ini juga ingin mengajak peserta untuk menjadi lebih aktif untuk turut serta dalam pergerakan dan perjuangan menuju indonesia yang berkeadilan gender.” terangnya

Selama dua hari acara Feminist Festival  terdiri dari dua pleno besar, lima lokakarya, dan 15 diskusi panel, serta pembacaan puisi, presentasi dari LSM dan komunitas, dan pameran poster Women’s March Jakarta.

Lebih dari 30 pembicara akan membahas topik seperti ekofeminisme, kesehatan seksual dan reproduksi, kekerasan berbasis gender, media, pembangunan, allies, dan kebijakan publik.

Feminist Fest 2017 juga membawa 10 feminis muda, baik perempuan maupun laki-laki, dari luar Jakarta untuk menghadiri Femfest, supaya peserta bisa saling berbagi pengalaman dan memperluas jaringan.