Waspadai Gejala Awal Kanker Serviks yang Wajib Kita Tahu

By Indra Pramesti, Rabu, 18 Oktober 2017 | 04:21 WIB
Waspada gejala awal kanker serviks! (Indra Pramesti)

Menjaga kesehatan organ intim memang sangat diutamakan, terutama bagi kita para cewek yang belakangan sering diancam dengan kemungkinan penyakit kanker serviks.

Jenis tumor ganas yang menyerang bagian mulut rahim ini diketahui disebarkan oleh virus HPV tipe 16 atau 18. Di Indonesia sendiri, penderita kanker serviks terbilang tinggi. Biasanya, cewek belum mengetahui jika dia mengidap penyakit tersebut di stadium awal, dikarenakan belum ada tanda-tanda abnormal. Tanda-tanda abnormal tersebut baru muncul saat penderita memasuki stadium 2A atau 2B.

Nah, apa saja tanda-tanda tersebut? Yuk simak penjelasannya di artikel berikut.

(Baca juga: 7 Fakta Tentang Vagina Berikut Wajib Kita Ketahui)

Salah satu tanda-tanda kalau kita terkena kanker serviks adalah mengalami keputihan yang banyak serta berbau tidak sedap. Kadang, cairan berbau itu pun memiliki warna seperti merah muda, pucat, cokwlat, dan terkadang mengandung darah.

Perubahan siklus menstruasi yang tidak biasa tanpa diketahui penyebabnya, bisa lebih dari 7 hari selama tiga bulan dengan pendarahan yang jumlah yag sangat banyak.

Seseorang yang menderita kanker serviks, akan mengalami penurunan nafsu makan, sehingga menyebabkan berat badan penderitanya turun drastis.

Penderita kanker serviks juga akan mengalami pembengkakan pada beberapa bagian tubuh tertentu seperti leher, kaki, dan wajah