5 Perbedaan Tugas Sekolah dan Tugas Kuliah yang Harus Kita Tahu

By Indah Permata Sari, Rabu, 6 September 2017 | 23:30 WIB
5 Beda Tugas Sekolah vs Tugas Kuliah (Indah Permata Sari)

Kehidupan di kampus dengan kehidupan waktu masih sekolah dulu memang beda banget. Kalau  dulu jam belajar di sekolah selalu teratur sedangkan di kuliah jam mata kuliah enggak teratur seusai jadwal dan sks yang kita ambil. Enggak hanya jam kuliahnya saja yang berbeda, tapi tugas-tugas nya juga beda lho. Ini perbedaan tugas sekolah dengan tugas kuliah.

Kalau pas sekolah dulu setiap tugas yang diberikan guru pasti kita kerjakan di buku tulis kita. Namun untuk tugas kuliah mostly dibuat dalam bentuk paper dan sudah diketik di program microsoft word lewat lapotop atau komputer. Jadi biasnaya tangan kita menggunakan pulpen untuk mengerjakan tugas sekolah, pas kuliah yang kerja adalah jari kita untuk mengetik keyboard laptop.

(Baca juga: )

Saat kita melakukan presentasi di depan kelas, pas sekolah dulu sih biasanya kita jelaskan seperti guru menjelaskan dengan menuliskan poin-poin materi di papan tulis. Sedangkan pas kuliah, kita pasti menggunakan proyektor yang sudah dihubungkan dengan laptop kita sehingga bisa melakukan presentasi dengan menampilkan slide power point. Walaupun sudah banyak juga sekolah yang menggunakan proyektor di sekolah, namun anak sekolah masih jarang melakukan presentasi dengan power point.

Pas sekolah, diberikan tugas oleh guru pasti kita selalu mencari jawabannya di buku cetak atau buku pelajaran yang dipakai di sekolah. Guru juga pasti memberikan pertanyaan yang memang jawabannya bisa mudah ditemukan di buku cetak. Tapi saat kuliah, enggak semua dosen menentukan buku wajib bagi mahasiswa. Jadi saat dosen memberikan tugas, maka mahasiswa harus mandiri mencari jawabannya dari berbagai macam referensi buku di perpustakaan. Karena itu sebagai mahasiswa pasti lebih banyak menghabiskan waktu ke perpustakaan dibandingkan saat sekolah dulu.

Jadi saat sekolah dulu, kita bisa bertemu dengan mata pelajaran yang sama dua sampai tiga kali dalam seminggu. Misalnya hari Senin ada mata pelajaran matematika, lalu hari Rabu kembali kita belajar matematika di kelas. Karena itu, deadline tugas yang diberikan saat hari Senin harus kita selesaikan dalam dua hari sebelum hari Rabu. Sedangkan kalau di perkuliahan, kita bertemu mata kuliah yang sama itu satu minggu sekali. Jadi saat dosen memberikan tugas pada hari Senin maka kita punya waktu satu minggu sebelum bertemu mata kuliah yang sama di Senin minggu depannya.

(Baca juga: )

Tugas sekolah yang membutuhkan kemampuan kita dalam menulis banyak biasanya adalah essay, tergantung guru juga memberikan tugas ke kita untuk ditulis tangan atau diketik. Tapi di kuliah rata-rata semua tugas itu berbentuk makalah, baik tugas individu ataupun kelompok. Jadi saat kuliah, kita emang enggak boleh lagi males untuk menulis, karena satu makalah rata-rata minimal 10 halaman.

(Baca juga: )