4 Fakta musical.ly, Aplikasi Video Pendek yang Hits di Kalangan Remaja

By Putri Saraswati, Kamis, 24 Agustus 2017 | 10:43 WIB
4 Fakta musical.ly, Aplikasi Video Pendek yang Hits di Kalangan Remaja (Putri Saraswati)

Kabar gembira buat para pengguna aplikasi video online, musical.ly nih.

Rabu (23/8), musical.ly akhirnya secara resmi hadir dengan tim lokal di Indonesia. Dalam acara bertajuk “musical.ly Indonesia Launching Party” yang diadakan di Three Buns, Jl. Senopati, Jakarta Selatan ini, musical.ly memperkenalkan tim lokal Indonesia dan menghadirkan dua Top Musers, yakni Cynthia Santa (Indonesia) dan Nagma Mirajkar (India).

Kenapa ini jadi kabar gembira? Formasi lokal ini dibentuk untuk mendukung dan merangkul para ‘Musers’ (sebutan pengguna musical.ly) agar dapat terus mengembangkan konten kreatif mereka. Jadi, dengan adanya tim lokal ini diharapkan komunitas musical.ly Indonesia akan semakin kuat.

Bagi kamu yang belum familiar dengan aplikasi ini, yuk intip 4 fakta tentang musical.ly!

Kalau mendengar kata “musical.ly”, mayoritas orang hanya tahu soal video pendek lipsync nya. Padahal aplikasi ini menawarkan lebih dari pada itu. Selain lipsync,  kita bisa juga membuat konten video berdurasi 60 detik yang berisi aktivitas dance, drawing, transisi, dan bahkan skit (komedi pendek).

Meski hanya berdurasi 60 detik, tapi bukan berarti kreativitas enggak dibutuhkan dalam pembuatan video. Pernah liat video lipsync seseorang dengan gerakan cepat memutar-mutar yang belakangan banyak beredar di media sosial? Di musical.ly itu disebut dengan transisi. Untuk membuat satu video transisi, seorang muser dituntut untuk kreatif mengotak-atik editing tools yang ada di dalam aplikasi.

Saking ribetnya, banyak lho tutorial tentang cara membuat video transisi yang dibuat oleh para top musers.

Jauh sebelum tim lokal hadir di Indonesia, para musers ini udah berinisiatif membentuk komunitasnya sendiri dan aktif mengadakan pertemuan lho! Hingga April 2017 lalu, terdaftar ada 28 area representatif di seluruh Indonesia.

“Nantinya para top musers dari masing-masing daerah perwakilan akan dipilih untuk ikut acara-acara besar musical.ly, seperti meet & greet dengan artis atau penyanyi terkenal. Terbaru nanti kita akan mengundang penyanyi Bebe Rexha,” terang Natasha, Community Manager musical.ly.

Bukan hanya jadi wadah penyalur kreativitas, musical.ly ternyata bisa juga jadi sumber pendapatan lho! Top muser Indonesia, Cynthia Santa, mengaku mendapatkan penghasilan dari endorsement dan penukaran sticker dari fans saat “live” yang bisa dikonversi ke mata uang dolar.