5 Hal Sepele yang Bisa Bikin Kita Stres di Kampus & Cara Mengatasinya

By Indah Permata Sari, Jumat, 25 Agustus 2017 | 02:30 WIB
5 Hal Sepele yang Bisa Bikin Kita Stres di Kampus dan Cara Mengatasinya (Indah Permata Sari)

Terkadang enggak hanya tugas banyak dan dikejar deadline yang bikin kita sebagai mahasiswa jadi pusing sendiri. Tapi hal-hal sepele yang bisa kita temukan di kampus ternyata berpengaruh juga dalam mood dan konsentrasi kita. Tapi supaya kita bisa lulus tepat waktu dan berhasil menjadi sarjana, maka kita juga harus tahu cara mengatasi kemungkinan stres yang akan kita alami saat jadi mahasiswa. Ini dia hal sepele yang bisa bikin stres di kampus dan cara kita dalam mengatasinya.

Sebenarnya saat masih SMA dulu kita juga sudah biasa kok mendapatkan rata-rata lima mata pelajaran di sekolah. Tapi saat kuliah, ternyata jika kita memiliki tiga kelas dalam satu hari saja bisa membuat kita lelah dan stres. Terlebih lagi jika kita harus mengikuti empat sampai lima kelas dalam satu hari. Belum lagi jumlah SKS yang kita ambil untuk satu mata kuliah bisa mencapai tiga atau empat SKS yang membuat durasi kita di kelas untuk satu mata kuliah bisa mencapai dua hingga 3 jam.

Cara mengatasinya: Kita harus bisa me-manage dan cermat dalam menyusun jam kelas yang kita ikuti. Kalaupun tidak ada pilihan lain selain mengambil tiga mata kulah dalam satu hari, sebaiknya kita bisa mengtaur jam kelasnya. Misalnya kita pilih kelas pertama di jam 9 pagi lalu kelas kedua jam 1 siang dan kelas ketiga jam 3 siang. Sebaiknya juga untuk hari selanjutnya hanya mengambil dua kelas saja agar enggak

stres karena dua hari berturut-turut mengikuti 3 kelas.

(Baca juga: )

Saat kita mendapatkan jadwal dari dua kelas yang berdekatan hanya jeda sekitar 15 menit, dan ternyata letak dua kelas tersebut berjauhan bahkan berbeda gedung. Misalnya kelas pertama ada di gedung A lantai 3 dan setelah jam kelas pertama usai 15 menit selanjutnya kita harus menghadiri kelas kedua di gedung B lantai 6. Kalau lagi apes, lift gedung B lagi tidak berfungsi sehingga kita harus berlari menuju lantai 6 supaya tidak telat dan mendapat teguran dari dosen. Hal ini bisa membuat kita stres banget loh dan merasa enggak semangat untuk mengikuti kelas kedua.

Cara mengatasinya: Harus melatih diri kita untuk disiplin dan rajin berolahraga. Kalau memang kita bisa bernegosiasi dengan dosen di kelas kedua untuk mentolerir keterlambatan kita maka akan jauh lebih baik. Dan selalu siapkan air mineral untuk memberi kita tenaga setelah berkejaran dengan waktu.

Bagi kita yang enggak biasa untuk berbicara di depan umum memang saat dosen memberikan tugas untuk melakukan presentasi, kita bakal jadi stres sendiri. Kita akan merasa khawatir kalau kita enggak bisa menampilkan yang terbaik dan terbata-bata dalam menyampaikan materi.

Cara mengatasinya: Latihan berkali-kali sebelum melakukan presentasi. Setelah melewati satu presentasi, apa pun hasil nya walaupun enggak maksimal, kita jangan takut untuk mencoba melakukan presentasi yang kedua kalinya. Kita harus melatih dan melakukan presentasi secara berulang agar bisa semakin lancar dan percaya diri. Puncaknya adalah presentasi saat sidang skripsi, kita enggak mau dong nilai skripsi kita jelek karena ketidakmampuan kita dalam melakukan presentasi padahal selama empat tahun kita selalu melakukan presentasi secara berulang.