7 Kode Tersembunyi di Video 'Look What You Made Me Do' yang Mungkin Kita Lewatkan

By Putri Saraswati, Selasa, 29 Agustus 2017 | 07:00 WIB
7 Kode Tersembunyi di Video 'Look What You Made Me Do' yang Mungkin Kita Lewatkan (Putri Saraswati)

Swifties pasti udah menyaksikan berulang-ulang video klip dari lagu terbaru Taylor Swift, “Look What You Made Me Do”. Pasalnya video ini menyimpan banyak makna tersembuyi tentang ragam intrik yang terjadi di hidup penyanyi asal Pennsylvania, Amerika Serikat ini.

Fans pun berusaha mengulik arti tiap scene dengan menyangkut pautkannya pada kejadian yang menimpa Taylor di masa lampau, khususnya pertikaian sang artis dengan beberapa nama, seperti Kanye West dan Kim Kardashian.

Saking semangatnya mengulik, terkadang ada beberapa kode atau petunjuk kecil yang gagal kita perhatikan nih.

Berikut 7 kode tersembunyi di video Look What You Made Me Do yang mungkin kita lewatkan.

Pada scene awal, di salah satu batu nisan tertulis nama Nils Sjoberg. Itu adalah nama samaran yang digunakan oleh Taylor saat menjadi co-writer bersama Calvin Harris untuk lagu This is What You Came For (Calvin feat Rihanna). Perihal nama ini sempat jadi sumber konfliknya dengan Calvin tahun lalu. (baca di sini)

Bisa jadi ini cara Taylor mengungkapkan kalau sosok beserta kisahnya yang dulu udah mati dan terkubur dalam-dalam.

Sosok zombie Taylor mengubur sosok Taylor era Met Gala 2014. Saat itu Taylor tampil anggun ala tahun 50’an dengan potongan kudu pendek dan rapi berwarna nude. Sosok the new Taylor kemudian terlihat dengan kuku panjang berwarna merah, persis seperti cakar. Bisa jadi balasan untuk Katy Perry yang menyebutnya sebagai domba. Taylor pengin menunjukkan kalau dia adalah sosok tiger di kisah mereka, bukan Katy.

Pertengahan bulan Agustus ini, Taylor baru aja memenangkan kasus pelecehan seksual setelah mantan penyiar radio, David Mueller dinyatakan bersalah meraba tubuh Taylor saat mereka sedang berfoto bersama di photobooth konser Taylor 2013 silam.

Secara simbolis, pengadilan memberikan $1 pada Taylor sebagai pergantian rugi.