7 Alasan Kita Boleh Menyimpan Rahasia dan Enggak Selalu Harus Cerita ke Sahabat

By Indah Permata Sari, Jumat, 16 Februari 2018 | 10:14 WIB
7 Alasan Kita Boleh Menyimpan Rahasia Sendiri dan Enggak Semuanya Harus Diceritakan ke Sahabat (Indah Permata Sari)

Kita pasti pernah memiliki rahasia yang enggak ingin orang lain tahu termasuk sahabat. Dalam persahabatan memang penting adanya kejujuran, agar hubungan dengan sahabat menjadi sehat. Namun jangan memaksakan untuk selalu menceritakan rahasia ke sahabat, karena ada hal-hal yang sebaiknya kita pendam sendiri tanpa memberitahukan orang lain. Ini 7 alasan kenapa kita boleh menyimpan rahasia sendiri dan tidak selalu harus cerita ke sahabat.

Perlu diketahui, kita berhak 100% atas hal yang ingin diceritakan atau tidak ke sahabat. Enggak perlu khawatir akan merasa bersalah ke sahabat, karena kita memiliki hak untuk tidak menceritakan rahasia. Begitu juga dengan sahabat, dai berhak penuh atas rahasia yang ingin dia ceritakan atau tidak.

(Baca juga: )

Sebagai sahabat, seharusnya dia bisa mengerti keadaan kita dan berbesar hati untuk tidak memaksa kita menceritakan rahasia. Seorang sahabat yang sudah lama mengenal kita pasti bisa memahami kalau kita butuh space sendiri tanpa adanya campur tangan orang lain, termasuk dirinya.

Terkadang, jalan keluar yang paling tepat adalah pilihan kita sendiri. Masukan dan saran sahabat pasti baik untuk kita, tapi yang terbaik adalah pilihan sesuai isi hati sendiri. Karena itu, pada saat tertentu memang sebaiknya kita enggak cerita rahasia dan mencoba untuk mencari jawaban dan jalan keluar sendiri sesuai dengan keinginan hati.

Tanpa perlu diucap, jika kita dan sahabat bisa saling percaya maka hubungan persahabatan ini sudah cukup sehat. Kita dan sahabat enggak perlu saling menuntut kejujuran masing-masing karena pada dasarnya kita dan dia sudah saling percaya. Maka dari itu, walaupun kita punya rahasia yang enggak bisa dikatakan ke sahabat, seharusnya sahabat akan selalu percaya dengan kita, begitupun sebaliknya.

(Baca juga: )