Kenalan Yuk Sama Generasi Z! Apakah Kamu Termasuk Salah Satunya?

By Indra Pramesti, Minggu, 6 Mei 2018 | 00:35 WIB
foto: koreaboo.com (Indra Pramesti)

Sering mendengar kata generasi milenial? Hmm, kayaknya sebentar lagi generasi milenial udah enggak zaman lagi nih girls.

Yap, bener banget seiring dengan berkembangnya peradaban, generasi milenial bakal tergeser oleh generasi Z atau sering juga disebut GenZ atau iGen.

Penasaran lebih lanjut soal Generasi Z? Yuk, simak penjelasan berikut ciri-cirinya. Apakah kamu termasuk salah satunya?

(Baca juga di sini: )

Generasi Z adalah mereka yang lahir pada tahun 1996-2010. Generasi ini adalah orang-orang yang lahir di generasi internet, artinya generasi yang menikmati teknologi setelah kelahiran internet. Berbeda dengan generasi milenial (1977-1995) yang masih mengalami proses adaptasi dengan teknologi baru  pada saat internet lahir.

Menurut data Sensus Penduduk Indonesia pada tahun 2010, jumlah Generasi Z mencapai 68,02 juta jiwa (28,86%) dan sekitar 2,5 miliar jiwa atau 34,05% di seluruh dunia berdasarkan penghitungan UN, World Population Estimate yang dilakukan pada tahun 2015.

Lahir di pertengahan tahun 90an, mayoritas orang tua dari Generasi Z adalah para Generasi X (1965-1976) dan ada pula Generasi Y atau Generasi Milenial.

Sementara untuk karakter, berikut ini adalah gambaran sederhana tentang karakter yang dimiliki oleh Generasi Z:

Generasi Z diramalkan akan memiliki presentase lulusan universitas lebih banyak dibandingkan dengan generasi sebelumnya, termasuk generasi milenial. Generasi Z juga mudah beradaptasi dengan penelitian berbasis web dan sering belajar sendiri melalui sumber-sumber belajar online seperti Youtube, Google atau Pinterest.