Curhat Cewek yang Ditipu Saat Belanja Online & Tips Biar Kita Enggak Mengalami Hal yang Sama

By Indra Pramesti, Sabtu, 24 Maret 2018 | 08:20 WIB
Udah Transfer Uang, Tapi Barang Belum Sampai. Kapok Belanja Online? (Indra Pramesti)

Saat ini kita semakin di permudah dengan banyaknya online shop yang bertebaran di medsos. Kita enggak perlu keluar rumah untuk beli baju, makeup atau pun aksesoris yang lucu-lucu. Terkadang, online shop juga menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan jika beli di toko. Tapi kekurangan online shop adalah kita enggak bisa menjamin barang tersebut benar-benar dikirim ke kita atau enggak. Apalagi kalau sudah transfer biaya dan ongkos kirim, belum tentu online shop tersebut mengirim barang pesanan kita. Hal serupa pernah dialami oleh teman kita Nuke (20) yang pernah mengalami pengalaman pahit saat belanja online. Yuk kita simak ceritanya. (Baca juga: Rekomendasi 6 Online Shop yang Menjual Boho Sandals yang Ngehits di Kalangan Selebgram)

Nuke bukan tipe cewek yang suka belanja online, tapi sekalinya belanja dia bisa keasikan dan akhirnya kalap karena barang-barang yang ditawarkan di online shop seringkali menarik.

“Aku enggak terlalu suka belanja lewat online sebenernya, tapi kalau udah lihat-lihat barang gitu kan, kita sering dikasih rekomendasi online shop lainnya, nah dari situ deh aku sering kalap.”

Nuke mengaku memilih online shop berdasarkan feed instagramnya dan testimony yang diberikan para pelanggan sebelumnya.

“Aku pilih-pilih tuh, feed yang kece dan menarik. Terus juga testimoni dari pelanggan-pelanggan. Kalau testimoninya bilang; barang cepat sampai, dan sesuai dengan di foto, aku makin percaya tuh. Biasanya aku langsung beli di situ.”

“Waktu itu kalau enggak sekitar semester 3 atau 4. Aku beli sepatu yang bahannya plastik, soalnya gampang banget dibersihin kalau pas hujan. Kalau dilihat dari feed instagram sih, enggak kelihatan kualitasnya yang jelek. Dari testimoni juga mendukung kalau barangnya bagus.”

Tanpa pikir panjang, Nuke akhirnya memesan sepasang sepatu tersebut dari online shop tadi. Lewat DM, Nuke dan si penjual akhirnya sepakat dengan harga sepatu dan ongkos kirimnya.

“Aku langsung transfer deh uangnya ke rekening yang dikehendaki.”

(Baca juga: Ternyata ini Perbedaan Generasi Z dan Generasi Sebelumnya, Unik!)

Sialnya, sampai saat ini Nuke belum menerima pesanannya tersebut. “Udah semester 7 dan barang yang aku pesan itu belum juga dikirim.”

Nuke yang berdomisili di Purwokerto awalnya merasa biasa saja saat seminggu setelahnya belum menerima barang tersebut.

“Awalnya aku biasa saja waktu barang tersebut belum sampai, wajar memang kan domisili rumahku jauh. Tapi kok makin hari enggak nyampe-nyampe juga barangnya. Sampai aku lupa akhirnya aku sadar deh, kalau barang itu ternyata belum dikirim. Parahnya lagi, waktu aku cek ulang online shop itu, akunku malah diblok.”

“Mungkin memang barangnya enggak terlalu mahal, sekitar seratus ribuan, tapi kan seratus ribu itu bisa aku pakai buat hal lain yang lebih bermanfaat.”

Belajar dari Nuke, kita wajib memperhatikan hal-hal ini sebelum belanja online. Hati-hati ya girls!

1. Jangan percaya dengan feed online shop yang menarik. Biar pun punya feed yang menarik, belum tentu online shop tersebut terjamin dan terpercaya.

2. Jangan tergiur harga yang lebih murah. Terkadang barang yang kita terima dengan yang di foto yang terpampang enggak sesuai. Parahnya lagi, kualitas barang tersebut bisa sama murahnya dengan harga yang ditawarkan.

3. Jangan mudah terpercaya testimoni. Meskipun seringkali ada testimoni, belum tentu testimoni tersebut memang asli bikinan si pelanggan.

4. Beli di website terpercaya. Sekarang sudah banyak e-commerce yang lengkap menjual kebutuhan kita. Untuk beauty misalnya, kita bisa memilih Sociolla atau Sephora.

(Baca juga: Bongkar Ketakutan Terbesar Kita Berdasarkan Zodiak. Kamu Setuju?)