5 Hal Yang Pasti Kita Rasakan Saat Overthinking. Harus Dihindari!

By Indah Permata Sari, Senin, 25 September 2017 | 14:00 WIB
5 Hal yang Pasti Kita Rasakan Saat Overthinking. Harus Dihindari! (Indah Permata Sari)

Menjadi seseorang yang memikirkan segala sesuatu dari awal hingga akhir agar tidak terjadi kesalahan memang hal yang baik untuk kita lakukan. Tapi tidak dengan menjadi overthinking yang segala sesuatu selalu kita khawatirkan padahal hanyalah hal sepele yang seharusnya kita bisa fokus ke hal lain. Bagi kita yang sering overthinking pasti pernah merasakan 5 hal ini yang seharusnya kita hindari.

Kita dijuluki oleh teman-teman sebagai orang yang selalu panik berlebihan. Kita enggak bisa menyembunyikan rasa panik kita saat ada hal yang enggak sengaja kita lakukan. Misalnya kita akan jadi panik berlebihan saat salah kirim chat ke teman kita, padahal sebenarnya enggak masalah juga kita mengirim sms itu ke dia karena enggak akan ada pengaruh apa-apa. Tapi saat hal ini terjadi, kita langsung panik membayangkan apa yang ada di pikiran teman kita saat menerima chat nyasar itu. Padahal, hanya dengan mengirimkan ‘maaf ya, salah kirim’ saja sudah cukup girls? (Baca juga : )

Kita pasti sering merasa gelisah karena terlalu banyak pikiran yang ada di kepala kita. Rasa enggak nyaman akan selalu kita rasakan karena gelisah itu. Girls, coba deh bikin rileks pikiran dan tubuh kita, coba kita pikirkan pelan-pelan hal apa yang membuat kita khawatir dan gelisah? Pasti ada solusi di setiap masalah, asalkan kita bisa berfikiran jernih maka jalan keluar pasti akan kita temukan tanpa harus merasa gelisah.

Kebiasaan buruk kita ini udah dikenal banget deh sama teman-teman. Mereka enggak akan mempercayakan kita untuk mengambil keputusan karena keputusan yang kita ambil pasti berubah-ubah. Kita enggak boleh plin-plan seperti ini, karena akan berakibat teman-teman enggak memiliki kepercayaan terhadap kita dan juga keputusan kita yang seperti bunglon ini bisa merugikan diri kita dan orang lain.

(Baca juga : )

Kalau ada teman kita yang enggak sabaran, pasti sudah langsung ngomelin kita karena selalu lama dalam mengambil keputusan. Saat kita dan teman-teman ingin merencanakan rekreasi bareng, pasti mereka enggak akan menunggu saran kita karena tahu kita akan memberikan saran dalam jangka waktu yang lama. Teman-teman yang lain sudah keburu memiliki keputusan sebelum kita sempat memberikan saran. Hal ini bisa menyebabkan kita jadi kurang percaya diri dalam berpendapat girls, dan teman-teman juga jadi kebiasaan untuk tidak menghargai kita. karena itu, sebaiknya kita bisa merubah kebiasaan buruk akibat overthinking ini.

Banyak pikiran seharusnya banyak ide, tapi malah berujung kita enggak tahu dan bingung harus melakukan apa. Terlalu banyak hal yang kita pikirkan, kita jadi suli menentukan prioritas. Contoh sederhananya, saat kita ada banyak tugas yang harus dikerjakan, kita enggak tahu tuags mana yang harus dikerjakan lebih dulu. Jawabannya sesungguhnya sangat jelas dan mudah, yaitu kerjakan yang deadline-nya lebih dekat. Tapi kita enggak kepikiran seperti itu karena terlalu banyak hal yang ada di dalam pikiran kita.

(Baca juga : )