Menurut Penelitian, Ditolak Demi Orang Lain adalah Jenis Patah Hati Paling Sakit. Ini Dia Faktanya!

By Indra Pramesti, Selasa, 21 November 2017 | 14:50 WIB
Ditolak karena dia memilih orang lain? Sedih sih, tapi kita bisa bangkit lagi kok! (Indra Pramesti)

Patah hati akibat putus dari pacar memang selalu berat buat dihadapi. Jadi males ngapa-ngapain, enggak semangat, pokoknya bawaannya bad mood aja seharian.

Sebuah penelitian dari Cornell Univeristy menemukan bahwa ditolak oleh seseorang yang lebih memilih orang lain ternyata adalah patah hati yang paling sakit jika dibandingkan dengan sekedar putus cinta biasa.

Hal ini enggak cuma berlaku untuk pacar saja, tapi juga waktu gebetan ternyata lebih memilih orang lain ketimbang kita. Begitu pula untuk konteks pertemanan.

(Baca juga: Kebiasaan PDKT dan Pacaran dari Negara-Negara di Dunia)

Penelitian yang dilakukan terhadap 600 orang ini dilakukan dengan empat eksperimen untuk mengungkapkan jenis penolakan mana yang memberikan efek paling sakit terhadap seseorang.

Eksperimennya dilakukan dalam grup kecil dan grup besar. Hasilnya menunjukkan bahwa 100% responden menyatakan mereka merasa sangat sakit atau makin sedih ketika seseorang menolak mereka demi memilih orang lain.

Ditolak demi memilih orang lain ternyata membawa pengaruh buruk buat kita, lho. Seringnya, kita jadi kehilangan self esteem dan rasa percaya  diri, serta sering membanding-bandingkan kualitas diri dengan orang yang dipilih tersebut.

Saat ditolak, kita juga jadi cenderung semakin ingin mencari tahu penyebabnya. Hal ini malah bikin kita makin stres dan tertekan.

(Baca juga: 5 Pelajaran Berharga dari PDKT yang Gagal?)