5 Tips Jadi Penulis Kece di Wattpad dari Wulanfadi, Penulis Novel Best Seller A: Aku, Benci, dan Cinta

By Kinanti Nuke Mahardini, Rabu, 14 Maret 2018 | 03:00 WIB
foto: ask.fm (Kinanti Nuke Mahardini)

Wulan Fadila Fatia, penulis Aku;Benci; dan Cinta menceritakan pengalaman mulai dari awal menulis hingga novelnya diangkat menjadi sebuah film. Wulan mulai menulis tahun 2012 menggunakan media Wattpad.

Berikut 5 tips jadi penulis kece di Wattpad dari Wulanfadi, penulis novel best seller A: Aku, Benci, dan Cinta

Gunakan Media Wattpad

Bagi Wulan, Wattpad merupakan salah satu media menulis yang paling tepat. Wattpad dianggap paling tepat karena di Wattpad kita bisa melihat tulisan kita dan tulisan orang lain. Tidak hanya itu, di Wattpad juga bisa mendapatkan saran dan kritik dari orang lain sehingga tulisan kita akan berkembang.

(Baca juga: 10 Skandal Seleb Korea Paling Mengejutkan dan Bikin Kita Enggak Nyangka!)

Selalu Mencari Kritik dan Saran

Wattpad yang telah kita gunakan memang membuka kritik dan saran, dalam hal ini siapa saja bisa melihat tulisan kita dan memberikan komentar. Namun, mintalah orang lain membaca karya kita dan terbuka terhadap masukan yang diberikan orang lain.

Berani Berbeda dan Membuat Inovasi

 

‘How Can I Move On?’ merupakan cerita pertama dari Wulan. Berakhir dengan 10 pembaca, ia berpikir bagaimana caranya agar tulisannya dibaca. Ia akhirnya membandingkan tulisannya dengan tulisan lain. Salah satu tulisannya yang berjudul “Raja dan Ratu.” Tulisan ini telah dibaca leh 12,3 juta orang. Kini ia juga membukukan tulisannya yang berjudul "Story of Seth."

(Baca juga: 11 K-Pop Idol yang Gantengnya Kebangetan Saat Pakai Jas. Cocok Jadi Pendamping Wisuda)

Keep Writing and Keep Reading

 

Niat Wulan untuk menulis di Wattpad dimulai dari karena ia senang membaca kisah yang dituliskan oleh author lain di Wattpad. Akhirnya ia memutuskan untuk menulis ceritanya sendiri.

Cerita pertamanya hanya dibaca 10 orang saja dan hingga hari ini ia sudah menghasilkan 37 tulisan dengan 7 cerita yang sudah dibukukan. Bagi Wulan menulis membutuhkan jam terbang dan itu yang harus dilakukan oleh seorang penulis agar menjadi profesional.

Jangan patah Semangat

Layaknya Wulan yang menulis dan dibaca oleh 10 orang, ia juga mengatakan bahwa teruslah menulis sesuai dengan imajinasi. Tuliskan apa yang ada dalam pikiran hingga pemikiran itu berakhir. Setelah itu lakukan evaluasi. Oleh karena itu, jangan pernah patah semangat!

(Baca juga: 12 Seleb Korea yang Berteman Dekat dengan V ‘BTS’. Supel Banget)