Waktu Tidur Harus Pakai Bra atau Enggak Sih? Ini Dia Jawabannya!

By Indra Pramesti, Rabu, 14 Februari 2018 | 15:00 WIB
Harus enggak sih pakai bra saat tidur? (Indra Pramesti)

Ada dua pendapat mengenai penting atau tidaknya memakai bra ketika tidur. Ada yang berpendapat kalau memakai bra saat tidur bisa membuat payudara menjadi lebih kencang, sementara kalau enggak pakai, payudara kita jadi kendor.

Di sisi lain, beberapa malah berpikiran bahwa tidur memakai bra bisa berakibat mengalami resiko kanker payudara. Jadi mana yang bener girls? Pakai bra saat tidur atau enggak?

Daripada bingung, mending baca artikel berikut yuk.

Dikutip dari kidshealth.org, Mary L Gavin,MD, seorang ahli kesehatan anak dan remaja, mengatakan bahwa belum ada penelitian yang signifikan membuktikan benar atau tidaknya memakai bra saat tidur. 

Tidur dengan menggunakan bra tidak akan membuat payudara cewek menjadi lebih kencang, sebaliknya payudara cewek enggak akan kendor kalau enggak pakai bra saat tidur.

Memakai bra saat tidur, apalagi dengan bra berkawat juga tidak akan menyebabkan risiko terkena kanker payudara.

Kita diperbolehkan memakai bra ketika tidur dengan catatan kita merasa nyaman memakainya dan bra yang kita pakai pas serta tidak terlalu ketat.

Meski begitu, melepas bra saat tidur juga memberi beberapa keuntungan;

1. Sirkulasi darah pada payudara menjadi tidak terganggu. Sirkulasi ini sering bermasalah kalau kita memakai bra yang terlalu ketat.

2. Menghindari iritasi kulit juga jadi salah satu keuntungan tidak memakai bra sat tidur. Strap dan pengait bra yang terlalu ketat bisa mengakibatkan luka pada kulit dan hyperpigmentasi.