Hati-hati! 7 Kesalahan Merawat Kulit Berminyak Ini Malah Merusak Kulit!

By Marcella Oktania, Selasa, 3 Oktober 2017 | 04:00 WIB
Merawat kulit berminyak emang butuh perhatian lebih. (Marcella Oktania)

Sebagai pemilik kulit berminyak, biasanya wajah bakalan terlihat kusam dan sangat berminyak di siang hari, sehingga bikin penampilan jadi enggak oke. Di kulit berminyak juga kadang muncul jerawat, pori-pori terlihat besar, dan komedo di mana-mana. Bisa jadi semua ini terjadi karena kesalahan merawat kulit berminyak kita, lho. Bahkan efeknya jangka panjangnya bisa merusak kulit kita!

Nah, biar enggak salah lagi, yuk perhatikan 7 kesalahan merawat kulit berminyak yang malah merusak kulit kita!

(Baca juga: Rekomendasi 8 Soothing Gel yang Dapat Menenangkan dan Mendinginkan Kulit)

Siapa bilang kulit berminyak enggak butuh pelembap? Kalau kita enggak memakai pelembap, kulit kita bakal kering dan memicu produksi minyak yang makin tinggi. Dengan begitu, wajah kita malah makin rentan terhadap jerawat. Makanya, mulai sekarang pastikan kita menggunakan pelembap, ya.

Cari yang berbahan dasar gel atau air biar cepat meresap dan pastikan kita menggunakannya tipis-tipis. Apabila setelah 20 menit masih berasa kering di area tertentu, baru kita boleh menambahkan sedikit pelembap ke area tersebut.

Walaupun wajah berminyak terkadang bikin kesal dan pengin selalu dibersihkan, lebih baik kita membersihkan wajah cukup 2 kali dalam sehari, ya. Lebih dari itu, wajah kita bakal jadi kering dan malah rusak. Kalau merasa enggak tahan dengan minyak berlebihan di wajah, kita bisa menggunakan blotting paper atau mencuci muka dengan air dingin.

(Baca juga: Rekomendasi 7 Pelembap Wajah Halal yang Aman Dipakai Sehari-hari)

Karena kandungan sunscreen yang terkadang berat dan bikin wajah jadi makin terlihat berminyak, bukan berarti kita melewatkan sunscreen. Kalau keluar rumah tanpa memakai sunscreen, wajah kita malah jadi makin berminyak dan kusam, lho.

Kesibukan yang enggak ada henti enggak jadi alasan kita enggak mengeksfoliasi kulit, lho. Untuk wajah berminyak, eksfoliasi penting banget untuk menghilangkan kotoran dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Biasakan mengeksfoliasi kulit 2 kali seminggu, ya.

(Baca juga: Minyak Kuda & 6 Bahan Dasar Aneh Lain yang Bisa Ditemukan di Skincare Korea)