Jangan Lakukan 7 Kebiasaan Ini Kalau Enggak Mau Pori-pori Jadi Makin Besar!

By Marcella Oktania, Selasa, 26 Desember 2017 | 05:15 WIB
m.blog.naver.com (Marcella Oktania)

Punya pori-pori besar yang bikin penampilan jadi enggak maksimal? Bisa jadi kebiasaan kita jadi penyebabnya, lho. Tanpa kita sadari, siapa tahu kita melakukan sesuatu yang menyumbat dan menjadikan pori-pori kita tampak melebar.

Biar enggak salah lagi, berikut 7 kebiasaan yang bakal bikin pori-pori wajah kita makin besar!

(Baca juga: 7 Skincare Lokal Berbahan Dasar Madu Agar Kulit Lembut & Lembap)

Kita enggak pernah tahu sudah berapa banyak bakteri jahat yang menempel di tangan kita. Kalau kita memegang wajah, otomatis bakteri dan kotoran yang ada di tangan bakalan pindah ke wajah kita, lho. Hal itu lah yang menjadikan pori-pori kita malah terlihat besar.

Makanya sekarang usahakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah kita, ya.

Kita kadang suka gatel pengin memencet jerawat dan pori-pori wajah. Maunya wajah jadi bebas jerawat dan pori-pori kecil, malah hasilnya bakal bikin pori-pori membesar dan jerawat meradang! Hati-hati dengan tangan kita sendiri mulai dari sekarang, girls.

(Baca juga: 7 Kesalahan Memakai Body Lotion yang Enggak Baik untuk Kulit)

Ini yang paling sering banget kita lakukan! Merasa sangat capek seharian dan kita malah enggak sengaja ketiduran dengan makeup masih menempel di wajah kita. 

Makeup yang dibiarkan berada di wajah bakal menghambat pori-pori kita semalam dan bakal bikin kulit jadi rusak, lho. Biasakan langsung menghapus makeup dan membersihkan wajah begitu sampai rumah, ya.

Sel kulit mati yang ada kulit kita bisa menyumbat pori-pori dan membuatnya terlihat jadi besar. Setidaknya, eksfoliasi wajah kita 1-2 kali seminggu untuk menghilangkan kotoran yang sudah bersarang di wajah kita.