Yuk Ketahui Perbedaan Blogger dan Influencer/Selebgram!

By Marcella Oktania, Kamis, 7 Desember 2017 | 05:00 WIB
Instagram.com/joyagh (Marcella Oktania)

Sekarang ini, kita sering banget kan mendengar profesi blogger juga selebgram. Tapi kita masih bingung, apa sih sebenarnya beda blogger dan selebgram? Secara sekilas, mereka terlihat sama, padahal sebenarnya berbeda, lho. Penasaran? Yuk intip perbedaan bloggers dan selebgram ini!

(Baca juga: 10 Inspirasi Outfit Hijab ala Selebgram yang Nyaman Dipakai Saat Hujan)

Blogger termasuk ke dalamnya adalah beauty blogger, fashion blogger, atau vlogger.

Blogger tentunya punya blog yang berisi tentang pandangannya terhadap gaya fashion atau kecantikan tertentu. Bisanya para blogger membantu kita untuk mencari cara yang tepat untuk berpakaian sesuai tubuh kita. Blogger bisa terkenal karena pandangannya ini dibaca banyak orang.

Seorang blogger bisa mendapatkan penghasilan dari blog-nya, misalnya dengan cara me-review sebuah produk hasil kerjasama dengan merk tersebut.

Nah, enggak menutup kemungkinan, lho kalau blogger juga bisa jadi influencer atau selebgram karena mereka sudah benar-benar terkenal dan memiliki banyak followers di Instagram.

(Baca juga: 7 Model Celana yang Cocok Dipakai Saat Musim Hujan ala Seleb Hollywood)
 

Contoh blogger Indonesia yang terkenal adalah Diana Rikasari, Gita Savitri, Sonia Eryka, Evita Nuh, Anastasia Siantar, dan Dian Pelangi.

Sebelum ngomongin soal selebgram, kita perlu tahu tentang influencer, nih. Seseorang dikatakan menjadi influencer kalau dia punya banyak followers di media sosial, saat ini media sosial yang sedang menjadi pusat perhatian adalah Instagram. 

Biasanya influencer diundang ke acara fashion dan beauty besar untuk meningkatkan hype acara tersebut.

Enggak semua selebgram harus bermula dari menjadi blogger. Banyak selebgram yang terkenal hanya karena posting foto dirinya di media sosial dan gayanya disukai orang. 

Nah nantinya, beberapa merk produk bakal meminta bantuan influencer dan selebgram untuk memakai produknya. Dengan begitu, merk tersebut bisa lebih banyak dikenal oleh masyarakat, terutama yang menjadi followers si influencer atau selebgram.