10 Jenis Pekerjaan Manusia yang Akan Digantikan dengan Robot. Bikin Enggak Nyangka!

By Indah Permata Sari, Sabtu, 11 November 2017 | 06:05 WIB
10 Jenis Pekerjaan Manusia yang Akan Digantikan Dengan Robot. Bikin Enggak Nyangka! (Indah Permata Sari)

Mencari pekerjaan di jaman sekarang ini cukup sulit, apalagi kalau enggak punya kemampuan yang signifikan. Perkembangan ilmu teknologi di seluruh di dunia juga terjadi dengan sangat cepat, salah satunya adalah perkembangan dunia robot. Sekarang sudah banyak banget robot yang bisa kita temui di dunia nyata, robot-robot yang dibuat pun semakin canggih. Kita mungkin enggak menyadari kalau adanya robot bisa mempermudah hidup kita dan juga bisa menjadi saingan kita ke depannya. Dilansir dari laman fastcompany.com, 10 jenis pekerjaan manusia ini akan digantikan dengan robot. Bikin enggak nyangka!

Di Jepang, badan asuransi bernama Fukoku Mutual Life Insurance baru-baru ini mengganti 30 klaim asuransi kesehatannya dengan sistem Al berbasis IBM’s Watson Explore. Software ini bisa menganalisis dan menafsirkan semua data kita, termasuk teks, gambar, audio, dan video yang tidak terstruktur. Sistem ini bisa melakukan pekerjaannya lebih baik dan lebih cepat daripada yang dapat dilakukan manusia.

Kita kita ketahui mesin ATM adalah robot pertama yang berperan dalam dunia perbankan, lalu ada aplikasi smartphone. Selanjutnya, pekerjaan teller bank dan juga representative bakal diganti juga sama robot, yaitu AI. AI ini tugasnya enggak hanya bisa melakukan transaksi tunai, tapi dia juga bisa membantu kita dalam membuka rekening dan memproses pinjaman dengan memakan waktu sangat singkat dibandingkan dengan manusia. Jadi, AI ini mesin yang menyerupai ATM dengan kemampuan bisa melakukan 90% pekerjaan perbankan manusia!

Dalam sebuah perusahaan, mereka membutuhkan orang yang bisa bekerja sebagai analisis keuangan dengan sense yang tajam sehingga dia bisa melihan tren yang akan terjadi di masa yang akan datang. Fyi, sekarang udah ada software analisis keuangan cerdas yang bisa membaca dan mengenali tren data historis untuk memprediksi pergerakan pasar di masa depan. Memang sih kalau soal memori dan pencarian data, kemampuan mesin akan jauh lebih hebat dan cepat dibandingkan kemampuan manusia.

(Baca juga :)

Ternyata, pekerjaan manual yang kita kira hanya bisa dilakukan oleh manusia juga terancam tergantikan oleh tenaga robot. Tukang batu bata robot akan segera diperkenalkan ke lokasi konstruksi yang memungkinkan mesin robot ini bisa menggantikan dua sampai tiga pekerja manusia. Sistem ini bernama SAM (Semi-Automated Mason), yang bisa meletakkan 1.200 batu bata dalam satu hari, sementara normalnya manusia hanya bisa meletakkan 300 sampai 500 saja. Perusahaan pasti akan mempertimbangkan perbedaan kualitas dan kuantitas antara yang dikerjakan manusia dengan robot.

Mungkin di masa depan kita bakalan jarang melihat ada pekerja yang menata dan merapikan rak di toko. Robot bernama Tally memiliki kemampuan menjelajah lorong di toko dan menggunakan sensir untuk memindai rak lalu memberitahu staf manusia mengenai analisis temuannya. Tally bisa mengaudit rak untuk itvm yang enggak ada stocknya, item yang salah letak, dan juga kesalahan harga.