8 Hal yang Tanpa Kita Sadari Bikin Rambut Gampang Patah

By Marcella Oktania, Kamis, 26 Oktober 2017 | 11:10 WIB
Harus tahu supaya enggak dilakukan lagi! (Marcella Oktania)

Siapa sih yang seneng punya rambut gampang patah? Kita pasti sudah nyoba berbagai cara biar rambut kita jadi lebih kuat, deh. Kabar baiknya, kita bisa, lho mencegah rambut patah asalkan kita tahu kebiasaan apa aja yang menyebabkan rambut kita jadi lebih rapuh. Makanya, yuk simak 8 penyebab rambut yang bikin rambut kita mudah patah!

(Baca juga: Super Mudah! DIY Face Scrub Kopi yang Bikin Kulit Lembut & Bersinar!)

Rambut yang kurang lembap sudah pasti bakalan lebih rapuh dan gampang patah. Oleh karena itu, kita butuh kelembapan ekstra, dimulai dari sampo dan conditioner kita, nih. Coba cari sampo dan conditioner dengan bahan alpukat atau minyak zaitun biar rambut kita lebih lembap.

Memang, sih alat styling tuh penyelamat banget kalau kita lagi ngalamin bad hair day. Tapi, pemakaian alat styling yang berlebihan bakal bikin rambut kita jadi rusak dan rentan patah.

Lebih parah lagi kalau kita enggak menggunakan heat protector. Sebaiknya, batasi penggunaan alat styling, ya. Tapi kalau enggak bisa, usahakan menggunakan panas paling minimal dan selalu menggunakan heat protector.

(Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam dengan Cepat)

Sering ngecat atau mengeriting rambut dengan bahan kimia sudah pasti jadi salah satu alasan kenapa rambut kita mudah patah. Bahkan dalam kasus yang paling parah, kita harus memotong habis rambut kita biar rambut tubuh sehat kembali, lho!

Makanya, kita butuh perawatan ekstra, nih. Jangan lupa gunakan bahan alami untuk melembapkan dan menutrisi rambut. Selain itu, gunakan juga hair mask biar rambut kita tetap terjaga kesehatannya.

Ternyata, sarung bantal berbahan katun berbahaya untuk rambut kita yang mudah patah, lho. Ini karena gesekan yang terjadi antara rambut dan sarung bantal katun saat kita tidur membuat rambut kita malah gampang patah. Lebih baik gunakan bahan satin atau silk yang lebih lembut untuk rambut kita.

(Baca juga: Jangan Lakukan 6 Kebiasaan yang Bisa Membahayakan Kulit Sensitif Kita)