Membahayakan Keselamatan Artis, Informasi Jadwal Penerbangan Kpop Idol Dijual Ilegal

By Putri Saraswati, Sabtu, 21 Oktober 2017 | 04:00 WIB
Informasi soal jadwal penerbangan, jenis pesawat, dan nomor kursi Kpop idol dijual secara ilegal pada fans sasaeng. (Putri Saraswati)

Dalam dunia fandom Kpop, kehadiran sasaeng atau fans fanatik bukan jadi rahasia umum lagi. Rasa cintanya pada sang idola seringkali diekspresikan secara esktrem yang justru pada akhirnya membahayakan keselamatan para artis.

Seperti mengirim surat bernada ancaman, menyelinap masuk ke rumah pribadi, melukai tubuh idol, dan yang terbaru membeli informasi soal jadwal penerbangan para Kpop idol. Berikut 4 faktanya.

(: 6 Kontroversi Aksi Fans Sasaeng Wanna One yang Membahayakan)

Dilansir allkpop.com, menurut laporan eksklusif yang ditayangkan di stasiun tv JTBC, ditemukan seorang anonim yang diduga menjual informasi tentang jadwal penerbangan Kpop idol lewat DM (Direct Message) Twitter.

Reporter JTBC yang menyamar menjadi fans sasaeng berusaha mengulik informasi dari terduga penjual informasi tersebut. Sang penjual meminta uang sejumlah $26.8 atau setara Rp 362 ribu untuk informasi jadwal penerbangan dan nama airline.

Sedangkan untuk informasi mengenai nomor kursi idol, dihargai $22.1 atau setara Rp 298 ribu per member. Pembayaran dilakukan via PayPal dan informasi akan segera diterima oleh sasaeng setelah uang ditransfer. Pelaku penjualan informasi ilegal ini diduga adalah seorang karyawan perusahaan penerbangan.

(: Intip Nominasi MAMA 2017 Yuk! Ada Kpop Idol Favorit Kamu Enggak Nih?)

Sebelum menggunakan metode transaksi jual beli informasi ilegal lewat medsos ini, para sasaeng memperoleh informasi mengenai jadwal penerbangan dan keberadaan idol dengan cara mengikuti mereka ke bandara dan mengambil foto paspor idol saat sedang melakukan check-in.

Waduh, bahaya banget nih!