Sate Lalat, Roti Ketawa & 5 Makanan Khas Indonesia Ini Punya Nama Unik Banget!

By Debora Gracia, Jumat, 20 Oktober 2017 | 05:56 WIB
Walau namanya unik, rasanya tetap gurih! (Debora Gracia)

Indonesia enggak hanya kaya dengan alamnya yang indah, tapi juga kulinernya yang lezat. Dari sekian makanan khas Indonesia dari berbagai daerah, ada beberapa nama makanan yang punya nama unik banget. Enggak percaya? Yuk, disimak!

Makanan khas Semarang, Jawa Tengah ini berisi lontong, kecambah, irisan kol, telur, dan gimbal yang disiram dengan kuah kacang. Gimbal adalah udang goreng tepung yang menyerupai rambut gimbal.

Bentuknya seperti onde-onde yang bagian atasnya terbelah. Bentuk inilah yang dianggap seperti orang yang sedang ketawa. Roti ketawa berasal dari Medan, Sumatera Utara.

Kuliner khas Sumatera Utara ini punya nama unik, yaitu nasi kentut. Jadi, nasi ini dibungkus pakai daun sembukan, yang dikenal sebagai tanaman kentut di Sumatera. Daun ini berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan peredaran darah. Dari segi rasa, sudah pasti nasi kentut ini lezat banget.

(Baca juga: Hindari 7 Makanan Ini Supaya Perut Enggak Buncit Lagi!)

Kuku macan sering disebut juga kerupuk amplang. Kerupuk ini dibuat dari tepung tapioka dan tenggiri, rasanya pun gurih. Camilan khas Balikpapan ini memiliki bentuk seperti kuku macan.

Kuliner khas Solo ini enggak akan bikin kita kere, kok, he-he. Justru harganya murah makanya dikasih nama sate kere. Sate ini terbuat dari lemak daging sapi yang dicampur ampas tahu.