Ini Dia 9 Bentuk Puting Payudara yang Kita Miliki. Kamu Wajib Tahu!

By Indra Pramesti, Kamis, 30 November 2017 | 10:45 WIB
Jangan takut kalau bentuknya berbeda dengan puting pada umumnya! (Indra Pramesti)

Selain payudara dan vagina kita yang emmiliki bentuk masing-masing, ternyata putting payudara juga punya bentuk yang berbeda-beda lho. Yuk kenali 9 bentuk-bentuk puting payudara yang kita miliki. Jangan takut kalau bentuknya berbeda seperti pada umumnya!

(Baca juga: Ternyata Selama Ini Kita Memakai Bra Dengan Salah. Berikut Cara yang Benar!)

Banyak yang mengira kalau puting  ini tidak wajar karena muncul bentol kecil mirip seperti jerawat. Tapi ternyata, puting tidak rata adalah normal. Bentol-bentol tersebut dinamakan kelenjar Montgomery, yang berbeda-beda bentuk pada masing-masing perempuan.

Puting ini tidak menonjol alias rata atau menyatu dengan areola. Puting ini hanya akan menonjol saat diberi rangsangan atau perubahan suhu, tapi tidak akan semenonjol puting pada normalnya.

Mirip seperti puting datar, jenis puting ini cenderung menyatu dengan areola alias enggak menonjol sendiri. Tapi pada puting bengkak, areolanya lebih menonjol atau besar.

Seperti namanya, bentuk puting yang satu ini memang terbalik dan terlihat seperti masuk ke dalam payudara. Sehingga membentuk lesung atau melipat ke arah dalam areola. Puting terbalik biasanya mulai bisa terjadi saat masa pubertas atau masa remaja.

Puting terbalik disebabkan oleh saluran laktiferus, yaitu salah satu saluran kecil yang mengalirkan air susu dari lobus (tempat produksi) kelenjar susu ke sinus laktiferus (tempat penyimpanan) yang enggak bisa menegang dengan sempurna saat pubertas.

Untuk merawat puting terbalik ini bisa dengan memijatnya secara lembut searah jarum jam kemudian mengangkatnya ke atas dengan menggunaan air hangat. Ada tingakatan pada puting terbalik ini: