5 Tanda Kalau Kita yang Jadi Penyebab Hubungan Toxic

By Indra Pramesti, Sabtu, 2 Juni 2018 | 09:15 WIB
Jangan-jangan kita yang bikin hubungan enggak sehat? (Indra Pramesti)

Punya hubungan yang toxic dan enggak sehat memang bukan kondisi yang menyenangkan. Kita jadi merasa sering dirugikan dalam berbagai aspek dan enggak nyaman lagi. Tapi tunggu dulu, sebelum asal tuduh, pernah kepikiran enggak untuk introspeksi diri? Jangan-jangan yang selama ini bikin hubungan enggak sehat itu diri kita sendiri? Hmm… Daripada bertanya-tanya, yuk telusuri 5 tanda kalau kita yang jadi penyebab hubungan toxic.

(Baca juga: Ini Dia Urutan Cowok yang Paling Suka Mainin Perasaan Cewek Berdasarkan Zodiak)

Coba ingat-ingat dulu, seberapa sering kita memuji pacar? Meski terdengar sepele, memberi pujian terhadap pacar adalah hal paling sederhana tapi punya efek yang besar buat sebuah hubungan.

Dengan memuji, kita tahu bagaimana kita menghargai dan mengapresiasi dia. Boys love appreciation, so tell him when he deserves one.

Terdengar konyol, tapi sebenarnya tanpa kita sadari, kita sering juga melakukan hal ini. Kita sering flirting ke sahabat satu geng-nya atau flirting ke pelayan di café semata-mata cuma pengin lihat reaksi dia aja. Kalau dia cemburu berarti dia sayang sama kita.

Udah deh enggak perlu melakukan hal-hal yang childish seperti ini. Cowok bukannya semakin menunjukkan rasa sayangnya, tapi dia malah makin gerah dengan sikap kita yang menyebalkan dan suka cari perhatian ini.

Masalah-masalah yang sepele sering kita besar-besarkan. Misalnya dia enggak sempat membalas chat karena harus nganterin mamanya belanja, kita-nya udah gondok seharian dan berjanji enggak mau ngomong sama dia.

Apalagi kalau kita udah mulai mengatur pacar supaya dia enggak sering-sering berkumpul sama sahabat atau keluarganya dan lebih memilih berduaan aja sama kita. Ini bukan cuma toxic, girls, tapi kita udah melakukan kekerasan emosional kepada pacar.

(Baca juga: Pengin Jadi Cewek Keren? Ikuti 5 Langkah Sederhana Ini!)