Viral Email Lamaran Magang yang Kurang Sopan, Ini Cara yang Benar Mengirim Email Lamaran Magang

By Indra Pramesti, Selasa, 24 Oktober 2017 | 07:00 WIB
foto: twitter.com (Indra Pramesti)

Kita sempat dibikin geleng-geleng kepala dengan postingan screenshot sebuah email yang menanyakan soal informasi magang.

Terang, seisi dunia maya jadi ramai membicarakan email tersebut. Sebenarnya apa sih yang salah dari email tersebut?

Buat yang terbiasa menggunakan email dengan tepat pasti akan cepat menyadari kesalahannya, mulai dari email yang tidak diberi subject, penggunakan huruf besar-kecil yang salah, tidak menggunakan kalimat sapaan, dan menggunakan bahasa santai, padahal tujuannnya adalah untuk kepentingan profesional atau ranah kerja.

Lalu gimana sih cara mengirim email lamaran magang yang tepat? Ini dia caranya!

(Baca juga: Ini Dia Urutan Cowok yang Paling Suka Mainin Perasaan Cewek Berdasarkan Zodiak)

Pastikan jangan lupa untuk menulis subject email. Bagian ini dianggap penting karena menunjukkan keseriusan kita dalam melamar.

Tulis nama lengkap, semester, jurusan, dan kampus asal kita. Jika melampirkan berkas-berkas, pastikan isi email-nya singkat saja tapi tetap jelas. Akhiri email dengan ucapan hormat, seperti ‘Hormat saya’ atau ‘Best regards’.

Periksa ulang penulisan isi email, jangan sampai ada kesalahan ejaan.

(Baca juga: Menurut Penelitian, Lakukan 3 Hal Ini Buat Kita yang Boros dan Susah Nabung. Wajib Tahu!)

Pastikan kita memberikan alamat yang tepat dari perusahaan tersebut. Jangan lupa menyertahan ‘Yth’ karena email-nya bersifat profesional.

Jelaskan keinginan kita dengan jelas, ingin magang di bagian apa dari perusahaan tersebut. Selain itu jangan lupa untuk selalu menggunakan bahasa dan kalimat yang santun.

(Baca juga: 6 Khasiat Teh Buat Kesehatan Kita. Wajib Coba!)