6 Bentuk Perlindungan Diri yang Bisa Dilakukan Penyintas Kekerasan Seksual

By Indra Pramesti, Senin, 12 Maret 2018 | 13:50 WIB
Ini cara supaya kita bisa menghadapi trauma (Indra Pramesti)

Kasus kekerasan seksual sering kita temui dan kita dengar di sekitar kita. Saking banyaknya, enggak menutup kemungkinan kalau suatu hari nanti bisa menjadi salah satu korbannya.

Supaya kita bisa berjaga-jaga untuk kemungkinan terburuk nanti, wajib tahu 6 bentuk self care yang bisa dilakukan oleh penyintas kekerasan seksual!

(Baca juga: 9 Gaya Tulisan Tangan yang Bisa Menunjukkan Kepribadian Seseorang. Kamu Termasuk yang Mana?)

Menjadi korban kekerasan seksual dapat membuat kita menderita anxiety attack, stres, dan trauma. Beberapa bentuk self care sederhana rupanya mampu memberi efek yang baik pada keadaan mental kita.

Contoh kegiatan self care yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan meditasi, melakukan latihan bernapas, jalan-jalan, atau ngobrol dengan sahabat. Cara-cara ini bisa membantu keadaan emosi kita. Sahabat misalnya, mereka bisa menjadi salah satu pendukung kita di saat-saat rawan seperti itu.

Selalu ingatkan diri sendiri untuk merasa aman dengan keberadaan sahabat dan keluarga, serta selalu minum banyak air putih.

Saat berada dalam keadaan trauma, hal yang harus kita lakukan adalah merawat tubuh kita. Cara ini bisa membantu kita untuk mengurangi perasaan gelisah dan depresi.

Tanyakan pada diri kita; Apakah kita cukup tidur? Jenis makanan apa yang kita konsumsi? Olahraga apa yang kita sukai? Apakah kita melakukan rutinitas untuk sebelum dan sesudah kita melakukan rutinitas?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut membantu kita untuk mengetahui cara paling efektif untuk merawat tubuh kita sendiri. Cara ini pada akhirnya enggak hanya membuat tubuh kita kuat, tapi juga membuat mental kita makin kuat juga.