Berdasarkan Hasil Survei, Ini Perbedaan Pekerja Part Time di Drama Korea & Kehidupan Nyata

By Putri Saraswati, Senin, 8 Januari 2018 | 14:00 WIB
Baek Joon (Kang So Ra) | Revolutionary Love (Putri Saraswati)

Pecinta drama Korea pasti sering banget melihat karakter yang bekerja sebagai part-timer atau pekerja paruh waktu.

Mulai dari siswa SMA yang pengin cari uang jajan tambahan, tokoh idol yang berusaha menyambung hidup, hingga karakter dengan ekonomi sulit yang berusaha mencari uang demi membiayai sekolah sang adik atau orang tua yang sedang sakit.

Diangkatnya setting cerita part-time ini mungkin didasari juga dengan kondisi di Korea Selatan saat ini. Dilansir dari Dramafever, para ahli mengungkapkan kalau sekarang mayoritas penduduk Korea usia 20an bekerja sebagai part-timer.

(: 5 Seleb Kpop Ini Ternyata Hampir Menyerah Mengejar Mimpinya Menjadi Idol)

Dengan maraknya penggambaran tokoh part-timer di drama Korea, sebuah situs pekerjaan Albamon mengadakan survey pada 2623 pekerja part-time tentang seberapa besar kesamaan kondisi pekerjaan mereka di dunia nyata dengan kondisi part-time di drama. Berikut hasilnya.

Sebanyak 39,3% pekerja part-time memilih karakter Yoon Jin Myung (Han Ye Ri) dari drama “Age of Youth”.

Jin Myung bekerja sebagai part-timer di beberapa tempat untuk membiayai kuliah dan kebutuhan hidup sembari mengajukan lamaran pekerja full time di beberapa perusahaan.

(: Eksklusif! Yeo Jin Goo Berbagi Cerita Soal Perannya di Drama Circle Hingga Kisah Percintaan)

Choi Kang Soo (Go Kyung Pyo) dari drama “Strongest Deliveryman” mendapat suara terbanyak, 25,8%. Melalui usaha kerasnya, Kang Soo akhirnya berhasil menjadi seorang pengusaha di akhir cerita.

Tokoh lain, yakni Yoon So So (Lee Yeon Hee) dari drama “The Package” mendapat suara 20.2%. So So memulai karier sebagai seorang part-timer kemudian berhasil menjadi pemandu wisata full time.